Dinilai Baik, PPID Kabupaten Batang Jadi Target Studi Banding

:


Oleh MC Kabupaten Batang, Kamis, 27 Juli 2017 | 16:45 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 427


Batang, InfoPublik – Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah dinilai memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang baik karena mulai dari informasi, kepengurusan hingga perangkatnya sudah lengkap.

Untuk itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah yang baru saja merintis Sistem Keterbukaan Informasi Publik, melakukan kunjungan studi banding di Diskominfo Kabupaten Batang, di ruang Media Center, Rabu (26/7).

Kabid Komunikasi Informasi dan Persandian Sugiarto Diskominfo Kabupaten Purworejo mengatakan PPID di Kabupaten Batang adalah yang terbaik maka kami ingin belajar langsung tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Karena kami baru membentuk PPID sedangkan di Kabupaten Batang sudah maju dan lengkap, maka kami ingin belajar dan mengadopsi ilmu yang ada di sini untuk kemudian diterapkan di Kabupaten Purworejo yang nantinya tidak jauh berbeda hasilnya,”ujar Sugiarto.

Menurutnya, setelah menyimak langsung informasi yang dipaparkan menunjukkan informasi publik yang sudah lengkap, tinggal sedikit disesuaikan dengan aturan yang baru. Dari informasi yang didapat memang benar, semua sarana prasarana guna mendukung Sistem Keterbukaan Informasi Publik di Diskominfo Kabupaten Batang sudah memadai.

“Untuk Kabupaten Purworejo kemarin tugas PPID belum maksimal karena ditangani oleh Humas dan harapannya setelah dikelola tersendiri oleh Diskominfo dan adanya kunjungan di Kabupaten Batang, nantinya ada perubahan menuju arah yang semakin baik,” ujarnya.

Sugiarto menambahkan untuk selanjutnya berkaitan dengan PPID akan selalu menjalin komunikasi karena informasi yang disampaikan masih sebatas garis besarnya saja, sehingga masih membutuhkan informasi tambahan dan pelengkap lainnya.

Sementara itu, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Batang Puji Setiyowati menyampaikan dengan kehadiran dari Diskominfo Kabupaten Purworejo merupakan hikmah bagi Kabupaten Batang dan juga mendapatkan informasi. Harapannya kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dalam hal kerjasama yang lebih baik.

“Mudah – mudahan Diskominfo Kabupaten Purworejo akan menjadi lebih baik dengan mengetahui sedikit informasi dari kami, sehingga akan mampu mengembangkan kegiatan kaitannya dengan PPID, dapat semakin berkembang dan terlaksana dengan semakin baik,” pungkasnya. (Heri/McBatang/Elvira)