Dirjen IKP Buka Kompetensi Pegawai Tahap III

:


Oleh Yudi Rahmat, Kamis, 27 Juli 2017 | 07:06 WIB - Redaktur: Juli - 455


Bogor , infopublik - Direktur Jenderal  Informasi dan Komunikasi publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Rosarita Niken Widiastuti membuka Peningkatan Kompetensi Pegawai di lingkungan Ditjen IKP Tahap III di Hotel Padjadjaran Suite, Bogor, Rabu (26/7).

Niken mengharapkan para peserta Tahap III wajib mengikuti semua kegiatan ini dari awal hingga akhir. "Tidak ada toleransi baik penjabat eselon IV hingga II wajib mengikuti semua kegiatan ini. Jangan merasa kegiatan suatu beban. Tapi jadikan suatu yang penting bagi kita semua atau IKP sendiri," katanya

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan membangun kerja sama, kekompakan  dan menyamakan persepsi  bertemu dalam tahap ke III ini. "Jadi masing-masing tidak bisa bekerja sendiri tapi semua Direktorat di IKP harus bersenergi, kerja sama dan berkolaborasi. Selain itu tidak ego sektoral. Semua maju bersama dan tidak boleh satupun orang yang tertinggal di dalam kemajuan IKP ini," katanya.

Niken juga mengingatkan agar bersyukur karena IKP dipercaya oleh negara mengelola informasi dan berkomunikasi kepada masyarakat. Sesuai UUD 1945 yang mengamanatkan bahwa seluruh masyarakat Indonesia berhak mendapatkan informasi dan komunikasi.

Ia mengungkapkan, mendapatkan informasi adalah hak asasi manusia. Kemkominfo diberi tugas untuk melaksanakan Pasal 28F UUD 1945. "Jadi landasan hukum tugas IKP sangat kuat sekali untuk memenuhi hak informasi dan komunikasi. Tentunya masing masing Ditjen di Kominfo punya tugas dan fungsinya masing-masing," ujarnya.

Tugas IKP adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat di situlah IKP mempunyai tugas menyebarkan informasi tentang kebijakan pemerintah, dan program pemerintah.

Menurutnya ada empat tugas IKP yaitu pertama GPR, kedua, menyampaikan informasi publik melalui konten positif, ketiga, narasi tunggal dan keempat menyampaikan informasi program yang akan, sedang dan sudah dilaksanakan pemerintah. "Jadi tugas IKP menyampaikan data dan fakta agar masyarakat tahu apa yang dikerjakan pemerintah," ucapnya.

Ia mengaku capaian yang dilakukan pemerintah sangat luar biasa meskipun masih ada yang mendiskriditkan capaian pemerintah tersebut. "Oleh karena itu, adalah tugas kita semua atau jajaran IKP dengan melakukan counter narasi tunggal," katanya.

Sementara Itu, Sekretaris Ditjen IKP Hendra Permana menjelaskan kegiatan Tahap ke III diikuti 90 orang dan ia berharap agar para peserta benar -benar mengikuti dengan seksama mulai awal sampai dengan akhir. "Apa yang diarahkan oleh Tim Motivator benar-benar mengikuti," tegasnya.

Disamping itu, peserta Tahap III ini harus lebih baik lagi dari tahap II, dan mengikuti setiap arahan.

"Kegiatan outbond ini beda dengan sebelum-sebelumnya. Karena kegiatan ini untuk memotivasi diri, sikap mental kita. Ditambah lagi dengan instrukturnya yang sangat profesional," katanya.

Hendra berpesan, apapun arahan dari tim  fasilitator harus mengikuti dan memperhatikan. "Ikuti dengan benar, kami terus pantau kegiatan ini sampai selesai," ucapnya.