Realisasi Tanam Tembakau 2017 Dibawah Ploting Areal

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Rabu, 26 Juli 2017 | 17:41 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sumenep, InfoPublik -  Realisasi tanam tembakau tahun 2017 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, di bawah target ploting area yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan data di Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (PTHP) Kabupaten Sumenep, realisasi tanam tembakau pada musim kemarau tahun 2017 sekitar 14.000 hektare, sedangkan, ploting area tanam tembakau yang ditetapkan seluas 21.893 hektare.

“Rendahnya realisasi tanam tembakau diduga akibat faktor alam. Kondisi cuaca di Kabupaten Sumenep tidak menentu, sehingga petani banyak yang tidak menanam tembakau," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (PTHP) Sumenep Abdul Hamid, Rabu (26/7).

Ia memprediksi, hasil produksi tembakau selama musim kemarau tahun ini dibawah target sekitar 13.500 ton. "Realisasi tanam tembakau kan tidak terpenuhi, ya pasti hasil produksinya juga akan menurun,” katanya.

Ia juga memaparkan, dari hasil pantauannya di lapangan, kualitas hasil tanam tembakau relatif bagus terutama di lahan gunung dan tegal gunung. Ke depan masih ada petani yang mau menanam tembakau, sebab sejak awal Juli, kondisi cuaca musim kemarau mulai stabil.

“Saat ini masih ada petani yang baru menanam tembakau. Kalau untuk tembakau yang telah ditanam kondisinya memang lumayan bagus, karena cuacanya sudah mulai mendukung,” katanya. (Nita/Esha/Fer/toeb)