Padang Pariaman Targetkan Raih Swasta Saba Wiwerda

:


Oleh bag humas setda kab padang pariaman, Rabu, 26 Juli 2017 | 10:02 WIB - Redaktur: Tobari - 163


Padang Pariaman, InfoPublik – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman dr. Aspinuddin mengemukakan, Forum Kabupaten Sehat (FKS) Kabupaten Padang Pariaman harus bertekad lebih baik lagi dalam menjalankan program kerjanya pada waktu mendatang.

“Jika pada tahun 2015 sudah mampu meraih Swasta Saba Padapa, maka tahun 2017 ditargetkan mampu meraih Swasta Saba Wiwerda,” katanya di hadapan pengurus FKS Kabupaten Padang Pariaman yang menyelenggarakan rapat perdana pengurus periode 2017-2013, di sekretariatnya Parik Malintang, Selasa (25/7). 

Pengurus FKS  tersebut dilantik Wakil Bupati Padang Pariaman, Rabu (19/7) di aula Kantor Bupati Padang Pariaman.

Menurut Aspinuddin, pengurus FKS periode sebelumnya yang merupakan pengurus pertama saja mampu meraih prestasi Swasta  Saba Padapa. Apalagi dengan tampilnya sejumlah nama yang memperkuat FKS Kabupaten Padang Pariaman tentu diharapkan prestasi FKS lebih baik dari sebelumnya.

“Dari pengalaman yang terdahulu, FKS bisa mempersiapkan diri lebih baik dan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada selama ini. Dinas Kesehatan tetap akan mendukung program FKS, sehingga program FKS dapat terlaksana dengan baik,” kata Aspinuddin.

Dikatakan, persiapan program harus dimulai dari pokja-pokja di nagari dan di tingkat kecamatan. “Dengan adanya FKS ini, menunjukkan adanya komitmen yang jelas dari Pemkab Padang Pariaman untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, karena kesehatan akan terkait dengan aspek kehidupannya lainnya,” kata Aspinuddin.

Ketua FKS Kabupaten Padang Pariaman Rahmat Tuanku Sulaiman mengatakan,  untuk mencapai keberhasilan Kabupaten Sehat tersebut  harus didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Setidaknya OPD yang terkait erat dengan FKS, yaitu Bappelitbangda, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial PPPA, Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabag Kesra, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat dan Nagari.

“Kesadaran  semua pihak terhadap pentingnya pembangunan sektor kesehatan perlu ditumbuhkan. Masing-masing OPD memiliki peran dalam mendorong pencapaian keberhasilan Forum Kabupaten Sehat ini. Dari indikator-indikator FKS, terlihat peran masing-masing OPD,” kata Rahmat.

Rahmat mengakui, hingga kini masih banyak OPD yang belum memahami Forum Kabupaten Sehat ini. Sehingga banyak OPD terkait enggan melakukan koordinasi dalam mendukung pencapaian Kabupaten Sehat.

Dari indikator yang ditetapkan Pemerintah Pusat, terlihat jelas bagaimana keterlibatan instansi lain. “Kita berharap ke depan kesadaran untuk memback-up Forum Kabupaten Sehat ini semakin tumbuh,” kata Rahmat menambahkan.

Dalam rapat tersebut, tampak hadir sejumlah pengurus. Di antaranya Ketua Rahmat Tk. Sulaiman, Wakil Ketua H. Taslim,  Sekretaris, Armaidi Tanjung,  Bendahara Basiar,  Ketua Seksi Advokasi dan Humas  Andri Satria Masri,  Sekretaris Tk. Ahmad Damanhuri, anggota  Zakirman Tanjung. Sekretaris Seksi Perencanaan dan Evaluasi  Harmen Aminuddin,  Anggota Nofriyanti dan Trismayeni. Sekretariat Gusniati dan M. Ikhwan. (MC Padang Pariaman/toeb)