Pemuda Diharapkan Jadi Motor Penggerak Persatuan dan Kesatuan

:


Oleh MC Kabupaten Merauke, Selasa, 25 Juli 2017 | 10:15 WIB - Redaktur: Tobari - 316


Merauke, InfoPublik - Melalui peringatan HUT Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke-44, para pemuda di Kabupaten Merauke diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Hal itu disampaikan Ketua DPD KNPI Kabupaten Merauke Hendrikus Mahuze,S.Sos,M.Si pada peringatan HUT KNPI ke-44, di Kampung Zanegi, beberapa waktu yang lalu.

Menurutnya, sebagai pemuda tidak boleh hanya tinggal dan berdiam diri, tetapi harus bisa mengekspresikan dirinya untuk bersama-sama mendukung pembangunan yang ada, mulai dari tingkat kampung, distrik, kabupaten hingga tingkat nasional.

Pembangunan itu bukan hanya di kabupaten saja, tapi juga harus bisa difokuskan di tingkat kampung. Karena salah satu kebijakan atau nawacitanya Presiden Joko Widodo adalah membangun  dari daerah pinggiran.

Sementara pada peringatan tersebut, DPD KNPI Kampung Zanegi, DPD KNPI Kabupaten Merauke membagikan sebanyak 150 paket sembako kepada masyarakat setempat, dalam rangka untuk mempererat tali persaudaraan antara pemuda dengan masyrakat dan juga sebaliknya.

Alasan dipilihnya kampung tersebut karena Kampung Zanegi itu merupakan salah satu kampung yang menjadi basis masyarakat lokal. “Kampung Zanegi adalah salah satu kampung lokal di Merauke yang butuh sentuhan dan perhatian. Lewat momen HUT KNPI, sebagai wujud kepedulian, pemuda harus peka melihat permasalahan di tengah masyarakat,” ujar Hendrikus.

Menurutnya, salah satu yang menjadi perhatian KNPI Merauke adalah masalah pendidikan di Kampung Zanegi. Memasuki tahun ajaran baru ini, Ketua KNPI Merauke berharap ada perhatian orang tua untuk mendorong anaknya giat bersekolah. Data dari guru, di SD Zanegi tercatat ada 119  siswa, namun yang aktif hanya puluhan siswa.

Mantan Kepala Kampung Zanegi, Ernes Kaize mengaku tidak sedikit anak usia sekolah di Zanegi yang tidak lagi mengenyam pendidikan dengan baik. “Ada yang diajak masuk hutan dan ada yang dibiarkan saja tidak bersekolah,” kata Kaize.

Ia sangat mendukung motivasi dari KNPI Merauke yang menginspirasi warga setempat mendorong kemajuan pendidikan di tingkat kampung. Kalau tahun lalu kami memilih Kampung Wendu Distrik Semangga, maka tahun ini DPD KNPI memilih untuk mencoba mengunjungi wilayah yang lainnya.

Dia juga mengatakan, sebelumnya pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan yang diikuti oleh kaum muda  dari KNPI Merauke masyarakat setempat dan beberapa pegawai kelurahan. Selain pemberian sembako, KNPI juga melaksanakan lomba makan kerupuk dan lomba lari kelereng untuk anak-anak di Kampung Zanegi. (mcmrk/ast/toeb)