Kabupaten Temanggung Ikut Berpartisipasi Dalam Turnamen Gala Desa

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Senin, 24 Juli 2017 | 16:04 WIB - Redaktur: Tobari - 427


Temanggung, InfoPublik – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia secara resmi membuka turnamen Gala Desa tahun 2017 yang diselenggarakan secara serentak di 136 kota/kabupaten di 34 provinsi, termasuk di Kabupaten Temanggung.

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Ananta, Minggu (23/7) pagi, di Lapangan Sidorejo Maron Temanggung, menjelaskan, kendati digelar serentak di seluruh Indonesia, namun kick off pertama ajang Gala Desa 2017 telah terlebih dahulu dimulai di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan.

Menurutnya, terdapat enam cabang olahraga yang akan diperlombakan, yakni cabang sepakbola, sepak takraw, tenis meja, atletik, voli, dan bulutangkis. Peserta adalah para atlet yang berasal dari berbagai penjuru desa, pihaknya tidak mementingkan siapa yang bakal menjadi pemenang atau juara umum di ajang tersebut nantinya.

Terdapat target khusus yang ingin dicapai dalam jangka panjang pelaksanaan Gala Desa, yakni menjaring para atlet potensial yang berasal dari kawasan pinggiran (desa), menggelorakan semangat berolahraga, merekatkan nilai persatuan dan kesatuan lewat olahraga, dan memajukan olahraga sehingga mampu mendongkrak prestasi Indonesia di kancah internasional.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional pasal 75 ayat (1) menyatakan bahwa masyarakat memiliki kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan serta dalam kegiatan keolahragaan,”  ujar Raden Ananta dalam sambutannya.

Peran serta masyarakat, baik yang ada di perkotaan maupun di pedesaan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 75 ayat (1) tersebut, dapat dilakukan secara perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi, profesi, badan usaha, atau organisasi kemasyarakatan lain sesuai dengan prinsip keterbukaan dan kemitraan.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Temanggung Darmadi menyebut, Gala Desa di Kabupaten Temanggung tahun ini diikuti oleh 8.973 atlet yang berasal dari seluruh desa di 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Temanggung.

Dijelaskan, ajang tahunan dengan dana bersumber dari APBN dan APBD tersebut akan menggunakan beberapa venue arena sebagai lokasi perlombaan bagi masing masing cabang olahraga.

Kami ingin dengan Gala Desa ini masyarakat semakin menyadari pentingnya olahraga bagi kesehatan, sekaligus menjaring bibit atlet unggul yang mampu menjadi garda terdepan daerah dalam setiap ajang kejuaraan atau kompetisi,” katanya. (MC TMG/ Agung / Ekape/toeb)