SLI Tingkatkan Hasil Panen Petani

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Senin, 24 Juli 2017 | 08:48 WIB - Redaktur: Kusnadi - 554


Temanggung, InfoPublik – Sekolah Lapangan Iklim (SLI) merupakan salah satu program yang diadakan oleh BMKG bekerjasama dengan pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian khususnya padi.

Sabtu (22/7), dalam acara ”Field Day” Sekolah Lapangan Iklim tahap 3  di Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat Temanggung, Deputi Bidang Klimatologi BMKG Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan kegiatan sekolah lapangan iklim tahap 3 ini merupakan aplikasi di lapangan, karena tidak hanya membaca, menerima informasi iklim dari BMKG, tapi juga diterapkan.

Dalam SLI tahap 3 ini sebelum terjun langsung ke lapangan, kelompok-kelompok tani juga diberikan materi tentang waktu memulai tanam, perlakuan selama masa tanam, mengetahui tingkat waktu curah hujan, kelembaban dan juga cara menangani tanaman dari serangan hama dengan cara bekerjasama dengan dinas pertanian.

SLI yang diadakan saat musim tanam kedua setiap tahun ini memberikan peningkatan bagi petani dalam menghasilkan padi, yang biasanya rata–rata sekali panen mendapatkan hasil 6 ton per hektare, dan dengan adanya SLI, hasil panen dapat mencapai 7,7 ton per hektare.

Mulyono berharap para peserta dapat menyebarluaskan  pengalaman yang telah diperoleh kepada kelompok–kelompok tani yang lain, agar produksi padi lebih meningkat. (MC TMG/ Ria/ekape/Kus)