Gubernur Hadiri Pelantikan DPP Gebu Minang Periode 2016-2021

:


Oleh MC Prov Sumatera Barat, Minggu, 23 Juli 2017 | 02:19 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 308


Jakarta, Infopublik - Gubernur Irwan Prayitno menghadiri pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus Pusat Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) Periode 2016 - 2021 yang dipimpin oleh Ketua Umumnya Oesman Sapta Odang Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno yang hadir dalam kesempatan itu menyampaikan selamat kepada pengurus Gebu Minang yang baru. Diharapkannya bahwa pengurus baru dapat mengemban amanah yang diberikan dengan baik.

"Saya berharap Gebu Minang dapat dijadikan sebagai alat pemersatu dari semua masyarakat perantauan, dan pengurus yang sekarang bisa menjadikan Gebu Minang sebagai organisasi yang semakin hebat ke depannya. Jagalah persatuan, jagalah satu rahim. Saling tolong-menolong di tanah perantauan," pesan Irwan Prayitno, Jumat (21/7). 

Gebu Minang adalah suatu organisasi masyarakat Minangkabau yang bertujuan menghimpun dan membina potensi masyarakat Minang yang berada di perantauan, baik di bidang ekonomi dan kebudayaan.

Wadah ini terbentuk atas saran Presiden Soeharto saat bertemu dengan para petani di Sumatera Barat.

Selanjutnya diprakarsailah pendirian Lembaga Gebu Minang pada tanggal 24 Desember 1989 oleh beberapa tokoh Minang, seperti Azwar Anas, Awaluddin Djamin, Bustanil Arifin, Emil Salim, Harun Zain, Hasan Basri Durin, dan beberapa tokoh Minang lainnya. (Diskominfo/Eko Kurniawan)