Kegiatan Out Bond Membentuk Perilaku Siswa Memasuki Dunia Sekolah Baru

:


Oleh MC Provinsi Sumatera Selatan, Sabtu, 22 Juli 2017 | 05:26 WIB - Redaktur: Tobari - 670


Palembang, InfoPublik - Sebanyak 400 siswa-siswi baru SMA Muhammadiyah I Palembang tahun ajaran 2017 yang terdiri dari 220 orang siswi dan 180 orang siswa, mengikuti outbound di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Prov Sumatera Selatan, Kamis (20/7).

Kegiatan outbound tersebut merupakan bagian dari kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) baru di lingkungan SMA Mhammadiyah I Palembang.

Dalam sambutannya, Kepala BPSDMD Prov Sumsel mengatakan BPSDMD merupakan Organisasi Perangkat Daerah yang melaksanakan kegiatan mendidik, melatih dan membentuk karakter tidak hanya ASN tetapi juga non ASN.  BPSDMD menyambut baik diadakannya outbound siswa-siswi baru di lingkungan BPSDMD Prov Sumsel.

Sebenarnya, untuk dapat membantuk karakter seseorang diperlukan minimal 3 hari pelatihan.  Diharapkan dengan pelatihan sehari ini siswa-siswi dapat mengenal satu sama lain, dapat membaur sesama mereka yang merupakan murid baru yang berasal dari berbagai SMP. 

“Dalam kegiatan outbound ditekankan ke arah capacity building bukan ke tindakan fisik, tapi lebih ke pembentukan sikap, perilaku, kepemimpinan, solidaritas, kebersamaan, bekerja sama, kepedulian dan rasa kepercayaan terhadap pemimpin,” kata Musni.

Sedangkan Kepala SMA Muhammadiyah I Palembang H. Rosyidi, M.Pd mengungkapkan rasa terima kasih kepada BPSDMD Prov Sumsel yang telah berkenan bekerja sama dengan pihak sekolah dalam membantui kegiatan oubound tersebut. 

Diharapkan tahun depan kegiatan kerjasama ini akan terus berlanjut melalui perpanjangan MoU dan menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain.

Selanjutnya koordinator outbound BPSDMD Prov Sumsel Dr.Ir, H. R. Bambang Pramono, M.Si menjelaskan tentang teknis pelaksanaan outbound.  Merinci pada Permendikbud No. 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bahwa sekolah tidak boleh membiarkan ada tindak kekerasan sekecil apapun, dan dilarang memakai atribut yang aneh-aneh. 

Kegiatan hari ini lebih bersifat ke permainan edukatif yang memiliki nilai refleksi yang dapat ditanamkan ke siswa-siswi dan dapat terus diterapkan pada saat masa sekolah nanti.  

Pembukaan outbound dimulai pukul 07.00 WIB dibuka oleh Kepala BPSDMD Prov Sumsel H. Musni Wijaya S,Sos, M.Si didampingi oleh Kepala SMA Muhammadiyah I Palembang H.Rosyidi, M.Pd beserta jajarannya. 

Sedangkan intruktur oubound tersebut adalah widyaiswara-widyaiswara BPSDMD yang rata-rata telah memiliki lisensi pendidikan outbound. (MC Diskominfo Prov.Sumsel/TM/AM/toeb)