PPDMB Online Berikan Pemerataan Potensi Siswa Berprestasi

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 21 Juli 2017 | 17:11 WIB - Redaktur: Tobari - 391


Sumenep, InfoPublik -  Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online yang baru dilaksanakan tahun ajaran baru 2017 ini di Kabupaten Sumenep, khususnya untuk siswa SMP, merupakan upaya pemerintah untuk melakukan pemerataan potensi siswa berprestasi.

Sehingga siswa yang memiliki prestasi tidak hanya tertumpu di sekolah favorit saja yang ada di Kota, seperti SMP Negeri I dan SMP Negeri 2 Sumenep.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep H. Moh. Iksan, S.Pd, MT kepada Media Center, Jum’at (21/7), mengungkapkan, PPDB online memang baru tahun ini dilakukan di 15 sekolah SMP di Kabupaten Sumenep, yang mengacu pada Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB.

“Namun ke depan diharapkan bisa melaksanakan PPDB online 100 persen, sehingga semua sekolah memiliki potensi siswa berprestasi,”ungkapnya.

H. Iksan mengakui, jika dalam pelaksanaan PPDB online pertama tahun ini, memang sempat ada yang complain terkait penerimaan siswa baru, karena beberapa siswa yang memiliki prestasi tidak bisa diterima di salah satu sekolah pilihannya.

Sebab kenyataannya, potensi untuk bisa diterima di sekolah tersebut hanya 5% saja, jika siswa tersebut rumahnya jauh dari sekolah yang di pilih.

Diakui, selama ini yang terjadi di Sumenep, SMPN 1, dan SMPN 2 Sumenep menjadi sekolah pilihan dari siswa berprestasi, sehingga banyak siswa berprestasi meskipun jauh dari lokasi sekolah masuk ke sekolah tersebut.

“Kami harapkan ke depan tidak akan terjadi lagi ketika PPDB online dilaksanakan dengan ketentuan penerimaan siswa juga memprioritaskan siswa terdekat,”tambahnya. (Ren/Esha/Fer/toeb)