600 Pelatih Pramuka Se-Jatim Hadiri Pertemuan Di Surabaya

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 21 Juli 2017 | 07:55 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 490


Surabaya InfoPublik  – Khwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jatim menggelar kegiatan temu pelatih dengan tajuk Swa Bina Manggala. Acara yang digelar di Gedung Cak Durasim Surabaya itu diikuti sebanyak 600 pelatih dari 38 kab/kota se-Jatim.

“Kegiatan temu pelatih ini menjadi sangat istimewa, karena diikuti oleh seluruh Kwarcab se-Jatim. Tidak ada yang absen dalam kegiatan ini, semua hadir mewakili 38 kab/kota,” kata Ketua Harian Kwarda Jatim, AR Purmadi, Kamis (20/7).

Ia menjelaskan, kegiatan pertemuan Swa Bina Manggala ini menjadi berbeda, karena dua hal lain. Pertama karena dihadiri dua orang Saiful, yakni Wagub Jatim, Saifullah Yusuf dan kedua Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rahman.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan menjadi lebih luar biasa, karena dihadiri pula oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof Suyatno. “Ini pertama kalinya temu pelatih dihadiri kepala pusdiklat,” jelasnya.

Purmadi juga mengapresiasi upaya Wagub Jatim yang juga Ketua Kwarda Jatim, Gus Ipul yang sangat konsen dalam mengembangkan Gerakan Pramuka di Jatim. Kebijakan Kepala Dinas Pendidikian Jatim, Saiful rahman yang menjadikan Pramuka tak lagi menjadi ektrakurikuler dan menjadi intrakurikuler juga mendapatkan paresiasi positif darinya.

“Gerakan Pramuka ini sejak berdiri memang memiliki visi yang tetap dan tidak berubah yakni mencetak insan Pancasila. Jadi tidak perlu diragukan lagi. Dengan semoboyan Satya Kudarmakan dan Dharma Kubaktikan,” tegasnya.

Dengan temu pelatih itu, ia juga berharap ratusa peserta yang hadir mampu mengajarkan hal positif yang lebih baik dalam mendidik anak-anak di Gerakan Pramuka.

“Dari aspek pendidikan formal, Gerakan Pramuka  juga harus menyesuaikan dengan kurikulum pendidikan yang berlaku, sepeti saat ini menggunakan kurikulum 2013. Ini harus dikuasai pelatih,”ujarnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/eyv)