Buton Utara, Infopublik - Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) cabang Buton Utara menggelar sosialisasi bahaya narkoba tingkat SMA se-Kabupaten Buton Utara di SMA Negeri 1 Kulisusu Utara, Kamis (20/7/2017).

Narkoba merupakan salah satu ancaman bagi generasi bangsa terutama pada level usia remaja dan dewasa, apalagi saat ini telah masuk dalam dunia sekolah.

Berdasarkan informasi melalui media televisi, surat kabar maupun media online telah banyak kita dengarkan bahwa ancaman bahaya narkoba sudah merasuki kalangan remaja.

Menurut Ketua Granat Buton Utara Sujono, kita perlu mewaspadai adanya narkoba yang sudah banyak masuk di lingkungan kita terutama bagi generasi penerus bangsa yang sedang di bangku sekolah.

Oleh karena itu kata Sujono, tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan awal kepada siswa agar bisa mengetahui cara mencegahnya supaya mereka tidak tergiur dengan bahan berbahaya tersebut.

“Kita cegah dari sekarang, jangan masuk dikalangan siswa, kita berharap generasi kalian untuk masa depan yang lebih cemerlang,” tegas Sujono kepada seluruh peserta.

Kami akan keliling ke semua sekolah untuk menyampaikan ini, untuk saling mengingatkan kepada saudara-saudara kita, kata Sujono.

Narasumber pada sosialisasi ini berasal dari kepolisian, pemerhati bahaya narkoba, dan bidang kesehatan dimana masing-masing lebih menekankan materinya pada bagaimana mencegah agar terhindar dari bahaya narkoba.

Rajab misalnya, pemateri bidang kesehatan mengatakan bahwa akibat dari menyalahgunakan narkoba akan fatal pada susunan saraf manusia sehingga dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang bahkan fisik manusia bisa dimatikan ketika kergantungannya lebih tinggi.

Begitupun pada tinjauan hukum apabila ditemukan mengedar ataupun memakai narkoba akan dikenakan sangsi pidana kurungan penjara, tegas Syahrir pemateri bidang hukum.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti 50 peserta dari siswa SMA dan sebagian dari pengurus Granat daerah. (MC Buton Utara, Rep/Foto: Rajab)