Presiden Minta Pemprov Papua Manfaatkan Potensi Alam Untuk Sejahterakan Rakyat

:


Oleh Irvina Falah, Kamis, 20 Juli 2017 | 12:46 WIB - Redaktur: Irvina Falah - 313


Jakarta, InfoPublik - Setiap provinsi di Tanah Air memiliki potensi sumber daya yang beraneka ragam. Salah satunya adalah Provinsi Papua yang memiliki sejumlah keunggulan, mulai dari luas wilayah hingga kekayaan alam.

Oleh sebab itu, saat memimpin rapat terbatas mengenai evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Papua, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk memanfaatkan potensi tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Provinsi Papua merupakan provinsi dengan wilayah terluas dan potensi kekayaan alam yang melimpah, baik pertambangan, pertanian, kehutanan, sektor kelautan, dan perikanan," ujar Presiden Joko Widodo pada Rabu, 19 Juli 2017, di Kantor Presiden Jakarta.

Meskipun demikian, masih ada sejumlah masalah yang terjadi di Provinsi Papua. Kesenjangan ekonomi yang ada di Tanah Papua misalnya, menjadi salah satu pekerjaan pemerintah yang harus segera diselesaikan.

"Terutama membangun daerah-daerah terisolir, membangun daerah-daerah yang ada di kawasan perbatasan," tutur Presiden.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyatakan bahwa percepatan pembangunan infrastruktur harus segera dilakukan sehingga memperlancar konektivitas antarwilayah, antarkabupaten, dan antardaerah di Papua.

"Kunci untuk menggerakkan perekonomian juga pemerataan pembangunan di Papua adalah percepatan pembangunan infrastruktur, pembangunan bandara, pelabuhan, jalan, dan jembatan," ucap Presiden.