Ribuan Masyarakat Musi Banyuasin Ramaikan Gerakan Gala Desa 2017

:


Oleh Astra Desita, Rabu, 19 Juli 2017 | 20:49 WIB - Redaktur: Juli - 219


Jakarta, InfoPublik - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi didampingi Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Benih Hernedi membuka Gala Desa 2017 Kabupaten Musi Banyuasin, di Stable Berkuda, Sekayu, Sumatera Selatan, Selasa (19/7).

Pembukaan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Menpora yang dilanjutkan dengan pemberian petaka dari Menpora kepada Bupati Musi Banyuasin.

Menpora juga melakukan kick off  dengan bermain bulutangkis berpasangan dengan Bupati melawan atlet bulutangkis lokal. Ribuan warga Musi Banyuasin tampak sangat antusias menyambut event yang mempertandingkan enam cabang olahraga seperti sepakbola, bola voli, tenis meja, atletik, sepaktakraw dan bulutangkis saat defile dari  14 Kecamatan.

Menpora menyampaikan sangat kagum dan bangga dan salam hormat dari Presiden Jokowi kepada seluruh masyarakat  Musi Banyuasin, khususnya bupati yang telah menyukseskan acara Gala Desa.

Menurut Imam Nahrawi, Kemenpora dalam acara ini hanya menjadi pendorong dan penggerak. Selebihnya adalah bagaimana seluruh masyarakat desa di Indonesia betul-betul kembali ke tradisinya membudayakan olahraga, dan memasyarakatkan olahraga serta mengolahragakan masyarakat. 

Kemenpora memayungi sekian banyak program unggulan olahraga di tahun 2017, ada Gala Desa, Gowes Pesona Nusantara dan Liga Sepakbola Pelajar. "Kali ini saya menyaksikan secara langsung Bapak Bupati dan seluruh masyarakat Musi Banyuasin betul-betul menjadikan Gala Desa sebagai momentum untuk menyamakan niat sekaligus kita mulai hari ini bahwa  olahraga harus  menjadi pilihan hidup kita," ujarnya.

Menurutnya, dengan membudayakan olahraga berarti  sudah  memilih untuk hidup sehat dan bahagia."Ujungnya dengan berolahraga pasti harkat dan martabat sekaligus harga diri sebuah kabupaten dan provinsi  bahkan negara akan terangkat ke atas dan akan mendatangkan banyak kemudahan dan kebaikan  di masa akan datang," tambahnya.

Menpora akan selalu mendukung seperti komitmen Bupati Musi Banyuasin yang menjadikan sebagai kota olahraga. "Kita terus mendorong dan lebih dari itu sport tourism harus menjadi opsi terbaik bagi kita di Musi Banyuasin. Sekarang bagaimana memadukan olahraga dengan  pariwisata sehingga akan lebih banyak lagi destinasi di mana tidak hanya masyarakat Indonesia tapi juga masyarakat dunia datang ke Musi Banyuasin," katanya.

Sementara itu Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan Gala Desa merupakan program unggulan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang bertujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan untuk menyebarkan semangat olahraga. 

"Namun lebih jauh lagi program ini  bisa digunakan sebagai sarana menemukan bibit-bibit olahragawan yang berbakat di Kabupaten Musi Banyuasin. Kami Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin siap mendukung dan menyukseskan program Gala Desa," pungkasnya.