Pemprov Riau Gelar Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan

:


Oleh Prov. Riau, Rabu, 19 Juli 2017 | 16:11 WIB - Redaktur: Tobari - 451


Pekanbaru, InfoPublik - Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura & Perkebunan, menyelenggarakan Pertemuan Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Tingkat Provinsi Riau tahun 2017 di Hotel Premier Pekanbaru, Rabu (19/7).

Hadir dalam pertemuan tersebut Gubernur Riau, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Provinsi Riau  Masperi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura & Perkebunan Provinsi Riau Ferry Hc,  Direktur Pengelolaan dan Pemasaran hasil Didi Junaidi, Kementerian Pertanian UNDP, Pemerintah Provinsi dan kabupaten kota yang membidangi perkebunan.

Gubernur Riau, dalam Hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Riau  Masper, mengatakan bahwa, forum ini merupakan wadah untuk menyelesaikan persoalan yang ada di bidang perkebunan sawit di Provinsi Riau.

"Pemerintah Provinsi Riau mendukung sepenuhnya FOKSBI untuk segera dibentuk dan menyusun rencana aksinya sehingga persoalan baik itu dalam hal lingkungan, tumpang tindih lahan dan lainnya melalui forum ini dapat terselesaikan," ujarnya.

Gubernur Riau berharap pertemuan ini dapat menghasilkan rumusan rencana aksi serta solusi yang dapat diimplementasikan di lapangan, sehingga kampanye negatif perkebunan kelapa sawit di riau khususnya  dan di Indonesia umumnya dapat diatasi serta dapat mensejahterakan masyarakat Riau.

Sejalan dengan itu, Dirjen Perkebunan Kementerian Perkebunan yang diwakili oleh Direktur Pengelolaan dan Pemasaran hasil Kementreian Perkebunan Didi Junaidi, menjelaskan, kelapa sawit merupakan komoditas penting yang memiliki berbagai  kegunaan baik industri pangan serta industri  lainnya.

Minyak kelapa sawit tersebut di dalam  perdagangan Internasional memiliki daya saing yang tinggi, dibandingkan minyak lainnya. 

"Sehingga diperlukan penanganan yang serius dalam menjadikan industri kelapa sawit yang lebih baik, maka diperlukan kerjasama di semua pihak di bidang kelapa sawit untuk menjawab tantangan dan memajukan industri kelapa sawit nasional," ujarnya. 

Lebih lanjut Dedi menjelaskan tujuan utama pertemuan ini adalah untuk membahas Forum Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (FOKSBI) tingkat Provinsi Riau yang nantinya terdapat Rencana Aksi Nasional Kelapa sawit Berkelanjutan.

Sehingga perlu adanya diskusi antara Pemerintah serta  pemangku kepentingan di bidang kelapa sawit agar nantinya dapat memberikan masukan terhadap FOKSBI dan Rencana aksi Nasional kelapa sawit berkelanutan tingkat Provinsi Riau.  (MC Riau/Msa/toeb)