Agam, InfoPublik - Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) bagi siswa dan guru di SDN 17 Sitingkai, Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Senin (17/7). 

Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Program Tentara Manunggal Membangun Nagari (TMMN) ke-99 tingkat Sumatera Barat.

Sosialisasi dihadiri, Kasdim Komando Distrik Militer 0304/Agam, Kepala Perikanan dan Tanaman Pangan Kabupaten Agam Ermanto, Camat Palupuh, tokoh masyarakat, kepala sekolah, guru dan undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny. Vita Indra Catri mengharapkan warga sekolah mengetahui dan paham tentang manfaat mengkonsumsi ikan, Karena ikan mengandung protein yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tubuh.

"Kita mengetahui banyak manfaat dari mengkonsumsi ikan seperti, menjaga kulit, rambut, mata, menambah kecerdasan, memperkuat tulang dan lain nya," katanya.

Sebelumnya, tingkat konsumsi ikan warga Agam hanya 28 kg per-kapita per-tahun. Tetapi setelah di galakan Program Gemar Ikan, tingkat konsumsi ikan dimaksud meningkat menjadi 31,8 kg per-kapita per-tahun. 

Kepala Perikanan dan Tanaman Pangan Kabupaten Agam Ermanto mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat memakan ikan, dan perlu dilakukan kepada anak-anak sejak dini, mulai dari TK dan SD. 

"Mereka harus diperkenalkan dengan makan ikan sejak dini supaya mengetahui manfaat ikan bagi kesehatan, yang memiliki gizi Omega 3," katanya.

Lebih jauh dia menambahkan, ikan adalah salah satu sumber daya hewani yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, dengan komposisi kandungan asam amino esensial  seimbang, dan sangat diperlukan tubuh manusia.

Sementara itu, Kepala SDN 17 Sitingkai, Zulkifli, menyambut baik kegiatan sosialisasi Gemarikan ini bagi siswa. Semoga ini memberikan manfaat dan dapat diterapkan oleh siswa di rumah nantinya.(mcagam/toeb)