Dinkominfo Ajak Siswa SMK Ganesa Bermedia Sosial Tanpa Hoax

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Selasa, 18 Juli 2017 | 13:27 WIB - Redaktur: Kusnadi - 544


Temanggung, InfoPublik – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Temanggung melakukan sosialisasi Internet Cerdas Kreatif Produktif (INCAKAP).

Hal ini juga merupakan langkah untuk mensosialisasikan Undang – Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Senin (17/7), sebanyak 240 siswa baru SMK Ganesa Satria Temanggung mengikuti sosialisasi INCAKAP yang bertemakan penggunaan media sosial tanpa hoax.

Tema yang diambil dalam kegiatan sosialisasi ini sesuai dengan sasaran yang dituju, yaitu siswa atau siswi baru SMK yang masih mempunyai emosi yang belum stabil.

Dalam sosialisasi ini, Eko Kus Prasetyo selaku pembicara menyampaikan beberapa tips yang berkaitan dengan penggunaan media sosial dengan bijak, di antaranya harus bisa memilih dan memilah informasi, harus mencari sumber yang terpercaya, sebaiknya informasi tidak diteruskan jika kita tidak mengetahui kebenarannya, peningkatan literasi atau kritis dalam mencari berita dan yang terakhir berpikirlah dan tenang sebelum memposting sesuatu.

Menurut Eko, setelah mereka mengetahui, khususnya di media sosial itu ada aturan mainnya, ada undang – undang yang mengatur, mereka lebih hati – hati, dan lebih bijak.

Selain itu, pihak sekolah baik guru, panitia, maupun peserta menyambut baik kegiatan sosialisasi, karena kegiatan ini memang seharusnya dilakukan menyikapi maraknya penggunaan sosial media oleh remaja saat ini.

“Setelah adanya pengarahan dari Dinkominfo, harapan kami ke depannya supaya anak–anak itu lebih bijak dalam menggunakan media sosial, kemudian pandai – pandai tiap menyaring berita” ujar Purnomo Edi Santoso selaku kepala sekolah SMK Ganesa Satria Temanggung. (MC TMG/Penulis: Ria Foto: Aji Editor: Ekape)