Masyarakat Hinterland Diminta Ikut Kembangkan Pariwisata

:


Oleh MC Kota Batam, Selasa, 18 Juli 2017 | 09:18 WIB - Redaktur: Tobari - 334


Batam, InfoPublik - Walikota Batam Muhammad Rudi mengajak masyarakat pulau (hinterland) mengembangkan pariwisata, karena saat ini Pemerintah Kota Batam sedang membangun infrastruktur di pulau utama (mainland) guna menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Sekarang saya sedang kembangkan wisata Batam. Dari berbagai negara datang. Kalau cuma Batam yang dikunjungi, Bapak Ibu rugi. Maka kembangkan juga pariwisata pulau," kata Rudi saat halal bihalal di Pulau Terong Kecamatan Belakangpadang, Minggu (16/7).

Masyarakat di pulau diminta ikut mengembangkan potensi yang ada guna menjadi destinasi wisata. Bukan hanya dengan menghias pulau tapi juga menyiapkan sumber daya manusia yang sadar wisata.

Ibu-ibu di pulau bisa menciptakan berbagai produk khas yang dapat menjadi buah tangan pengunjung. Kesenian dan pola hidup masyarakat Melayu juga bisa menarik wisatawan.

Sikap sadar wisata juga dapat ditunjukkan dengan menjaga lingkungan tetap bersih, khususnya laut. Rudi mengatakan biaya untuk membersihkan sampah laut ini tidak sedikit. Oleh karena itu akan lebih baik jika dicegah penumpukan sampah laut.

"Orang Malaysia, Singapura, suka lihat laut itu. Jadi jangan lagi buang sampah di laut. Kita tidak punya anggaran untuk membersihkannya. Uangnya besar untuk bersihkan itu. Kita hentikan buang sampah ke laut, kita jaga bersama," pesannya.

Pemerintah, kata Rudi, akan berupaya mempermudah akses ke pulau. Guna mendukung pengembangan pariwisata ini.

Jembatan yang menghubungkan pulau-pulau terdekat akan dibangun secara bertahap. Sehingga wisatawan yang datang ke Batam nantinya juga bisa berkunjung ke pulau tanpa harus menyeberang gunakan kapal.

"Jembatan antar pulau akan kita bangun perlahan. Supaya orang yang datang ke Batam, juga ke pulau," ujarnya. (MC Batam Kartika/toeb)