Diskominfo Bakal Coba Pendataan Investasi Bidang TIK Di Kaltim

:


Oleh MC Kalimantan Timur, Senin, 17 Juli 2017 | 13:22 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 164


Samarinda, InfoPublik-Diskominfo Kaltim disebut bakal mencoba melakukan pendataan investasi berkaitan bidang TIK yang direalisasikan di Kaltim. Ini dimaksudkan sebagai pelengkap data Diskominfo Kaltim yang bidang tugasnya berkaitan bidang TIK.

“TIK merupakan investasi yang cukup mahal. Sejauh ini perkembangannya di Kaltim cukup baik. Sayangnya datanya kita belum punya. Makanya kita akan coba lakukan pendataan,” aku Kepala Diskominfo Kaltim, Abdullah Sani saat memimpin apel pagi jajaran Diskominfo Kaltim, Senin (17/7).

Sebagai contoh investasi di bidang penyiaran, Diskominfo Kaltim melalui UPTD Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) bisa mendata investasi yang dikeluarkan lembaga penyiaran dalam menyelenggarakan kegiatannnya.

Ia menilai tidak mungkin penyelenggaraan penyiaran tidak mengeluarkan investasi bidang TIK. Sebab penyiaran tentu membutuhkan perangkat bidang TIK yang menjadi investasi lembaga penyiaran tersebut.

Belum lagi investasi bidang telekomunikasi seperti pembangunan tower telekomunikasi dan perangkat penunjangnnya. Termasuk investasi bidang TIK lainnya yang mungkin dikembangkan di wilayah Kaltim.

“Nah data seperti ini yang dibutuhkan. Jadi saat ditanya gubernur kita ada datanya. Kalau sekarang ditanya kita belum punya datanya. KPID yang menjadi leading sector sangat mungkin melakukan pendataan. Apalagi semua proses perizinannya ada di sana,” katanya.

Selain itu, data investasi bidang TIK juga bisa dimanfaatkan untuk mendukungan pendataan investasi daerah yang dilakukan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kaltim. Dengan demikian diharap meningkatkan laporan capaian realisasi investasi daerah setiap tahunnya.(diskominfo kaltim/arf/eyv)