Gowes Pesona Nusantara 2017 Sentuh Bengkulu Utara

:


Oleh MC Bengkulu Utara, Sabtu, 15 Juli 2017 | 21:43 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 659


Arga Makmur, InfoPublik  - Bengkulu Utara menjadi titik start ajang Etape Ratu Samban yang masuk dalam bagian program andalan Kemenpora “Ayo Olahraga!”.

Kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi, beserta Rombongan Gowes Pesona Nusantara disambut hangat Bupati Bengkulu Utara beserta seluruh unsur Forkopimda dan masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara.

Sebelum start Gowes dimulai, ada prosesi khusus yang dilakukan untuk memberikan tanah dan air. Tanah dan air ini nantinya akan disatukan dengan tanah-air dari provinsi lain yang ada di seluruh Indonesia yang juga menggelar ajang Gowes Nusantara untuk dibangunkan monumen di Gunung Tidar, Magelang, pada 9 September mendatang.

Tanah dan air yang diberikan Bengkulu Utara tanah yang berasal dari makam pahlawan ratu Samban dan Air yang berasal dari sungai palik dan desa aur gading.

Tanah dan air yang ditempatkan di kendi tradisional tersebut dibawa oleh Anak Adat, kemudian diambil oleh Bupati dan langsung diserahkan ke Kemenpora, Menpora Imam Nahrawi.

Dalam Etape Ratu Samban ini, peserta memulai start di alun-alun Rajo Malim Paduko, kemudian terus melaju sampai Tanjung Raman, Lubuk Sahung, Karang Suci, Simpang Dwiguna, kantor pos mutar balik sampai mencapai finis di alun-alun Rajo Malim Paduko kembali.

Usai finis, peserta kemudian harus mengikuti undian door prize yang telah disiapkan oleh panitia. Belasan hadiah disiapkan, mulai dari kompor gas, kulkas, sampai sepeda motor.

Melihat antusiasme yang luar biasa, Bupati Bengkulu Utara  mengakui senang dengan adanya program ini. Apalagi, pejabat Kemenpora juga hadir dalam ajang ini. Dia merasa terbantu dan terima kasih karena masyarakat di Bengkulu Utara  bisa mendapatkan kegiatan yang mampu meningkatkan kuantitas olahraga.

“Saya terima kasih kepada Kemenpora, Menpora Imam Nahrawi karena programnya sampai ke daerah-daerah. Gowes Nusantara ini membantu kami untuk mengajak masyarakat berolahraga, menggelorakan olahraga di masyarakat,” ucapnya.

Menpora   Imam Nahrawi mengatakan bahwa sangat bersyukur dapat hadir di Kabupaten Bengkulu Utara dan menyampaikan salam hormat dari Bapak Presiden Jokowi untuk masyarakat Bengkulu Utara.

“Salam hormat dari Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk seluruh masyarakat ,beliau ingin para menteri hadir ditengah-tengah masyarakat, dan kita semua mempunyai kewajiban untuk mendukung kebijakan pemerintah untuk kebaikan,” katanya.

Untuk anak-anak dan adik-adik lunagkanlah waktu untuk berolahraga, karena dengan olahraga kita akan sehat dan bahagia. Negara semakin dipandang oleh dunia jika masyarakatnya sehat, berpendidikan, berprestasi di segala bidang terutama bidang olahraga.(MC Bengkulu Utara/GS/DC)