Rute Sumenep-Surabaya Bakal Dilayani PT. Wing Air

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Sabtu, 15 Juli 2017 | 07:48 WIB - Redaktur: Tobari - 423


Sumenep, InfoPublik -  Penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya bakal dilayani PT. Wings Abadi (Wings Air), dan saat ini manajemen PT. Wings Air telah meminta Otoritas Bandara Trunojoyo, Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyediakan waktu untuk penerbangan komersial di rute tersebut.

“Kami sudah menerima surat secara resmi, terkait permohonan permintaan waktu penerbangan di rute Sumenep-Surabaya dari manajemen PT. Wings Air tertanggal 12 Juli 2017,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Jum’at (14/7).

Dalam penerbangannya di rute Sumenep-Surabaya nanti, manajemen PT. Wings Air berencana menggunakan pesawat terbang berkapasitas 70 penumpang dengan tipe ATR-72. “Secepatnya akan kami tindak lanjuti permohonan tersebut,” tuturnya.

Ia mengaku dalam waktu dekat akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait di Pemkab Sumenep. Sebab, masih ada objek penghambat keselamatan penerbangan pesawat berkapasitas 70 penumpang, yakni gedung dua lantai milik SMA PGRI Sumenep yang posisinya sekitar 230 meter di sebelah barat ujung landas pacu pesawat Bandara Trunojoyo.

“Kalau dari sisi teknis Bandara Trunojoyo, fasilitasnya sudah layak untuk aktivitas penerbangan pesawat ATR-72, tapi masih ada kendala berupa obstacle, yakni gedung SMA PGRI tersebut, makanya kami akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait di Pemkab,” katanya.

Untuk saat ini, Bandara Trunojoyo sudah digunakan pada penerbangan perintis yang dibuka sejak Mei 2015. Mulai Januari 2016, operator penerbangan dipegang PT. Airfast Indonesia. Pesawat yang digunakan jenis Twin Otter DHAC 300 berkapasitas 15 penumpang.

Rute penerbangan perintis yang dilayani PT. Airfast Indonesia adalah Sumenep-Surabaya, Surabaya-Bawean, Surabaya-Karimunjawa, dan Karimunjawa-Semarang dengan frekuensi penerbangan 2 kali sepekan. (Nita/Esha/Fer/toeb)