Polres Sinjai Gelar Psikotes Kepemilikan Senjata Api

:


Oleh MC Kabupaten Sinjai, Sabtu, 15 Juli 2017 | 16:43 WIB - Redaktur: Tobari - 372


Sinjai, InfoPublik - Tim penguji Polda Sulselbar melakukan tes psikologi kepada personel Kepolisian Resort (Polres) Sinjai, di Kampus Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Sinjai. Selasa (11/7).

Tes psikologi ini dilakukan langsung oleh Tim Biro SDM Polda Sulawesi Selatan yang dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Said Rivai, S.Psi.

Said Rivai mengatakan, tes psikologi merupakan syarat mutlak bagi Polisi untuk pengunaan senjata api (senpi) organik dan non organik. "Pemeriksaan psikologi ini dilaksanakan secara berkala dalam rangka pinjam pakai senjata api dinas Polri," jelasnya.

Sebelum pelaksanaan, Tim Psikologi Polda Sulsel memberikan arahan tata cara pengisian naskah ujian psikologi dan membagikan lembar ujian kepada personil Polres Sinjai yang mengikutinya.

Kapolres Sinjai AKBP Ardiansyah, S.Ik.,M.H  mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya tes psikologi bagi personil  adalah untuk mengetahui kondisi psikologi apakah yang bersangkutan layak atau tidak, untuk dipinjam-pakaikan senjata api organic, sekaligus untuk mengetahui kondisi mental dan kepribadian personil.

"Dengan adanya kegiatan tersebut, dapat diketahui kondisi mental dan kepribadian setiap personel, dan kegiatan tes psikologi direncanakan akan dilaksanakan secara berkala guna menjaga profesionalitas personel dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian," ucapnya. (AaNd/Idha/toeb)