Kejahatan Narkoba Sama dengan Terorisme

:


Oleh MC Kota Banjarmasin, Jumat, 14 Juli 2017 | 09:10 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 753


Banjarmasin, InfoPublik – Genderang perang terhadap kejahatan Narkoba terus ditabuh oleh jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin, bahkan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina secara tegas menyatakan kejahatan Narkoba sama dengan kejahatan terorisme.

“Kejahatan Narkoba itu sama dengan kejahatan Teroris, karena yang dijadikan objeknya adalah masyarakat terutama generasi muda,” ujarnya, dalam sambutannya di acara Hari Anti Narkotika Indonesia (HANI) tahun 2017 di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjamasin, Kamis (13/7).

Orang nomor satu di Kota Seribu Sungai ini berpesan agar seluruh lapisan masyarakat Banjarmasin berperan aktif menanggulangi peredaran Narkoba dan sejenisnya. “Kami dari jajaran Pemkot Banjarmasin sudah me-launching lima Kampung KB, Kampung Baiman di lima kecamatan kota ini. Kampung Baiman itu kampung aman, kampung ramah anak dan kampung peduli terhadap kaum perempuan,” ucapnya.

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Kalsel ini, berpesan agar seluruh komponen masyarakat bersatu menyadarkan generasi muda tentang bahaya Narkoba. Pesan ketiga yang diucapkannya di hadapan jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin adalah ingin seluruh generasi muda di kota ini bisa hidup sehat.

“Saya ingin generasi muda di kota ini senang berolahraga dan kreatif, sehingga terhindar dari bahaya penggunaan Narkoba. Banjarmasin kini sudah menyiapkan tiga lapangan sepakbola, dan tahun ini lapangan sepakbola yang siap digunakan itu berada di kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara,” katanya.

Pesan lain yang disampaikan Walikota  Ibnu Sina adalah  agar pemuda berprestasi diberikan penghargaan. “Banjarmasin akan mendapatkan bonus demografi. Untuk itu, mari kita wujudkan Banjarmasin Baiman tanpa Narkoba,” ajaknya.

Bonus demografi adalah jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai sekitar 70%, sedang 30% penduduk yang tidak produktif (usia 14 tahun ke bawah dan usia di atas 65 tahun). 

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah serta jajaran kepala SKPD Kota Banjarmasin itu, Ibnu Sina juga berharap, para aparat yang berwenang dapat membantu jajaran Pemkot Banjarmasin dan BNNK Banjarmasin memberantas Narkoba dan sejenisnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Kota Banjarmasin AKBP Ilyas dalam kesempatan tersebut menyatakan apresiasinya atas dukungan Pemkot Banjarmasin terhadap penanggulangan peredaran Narkoba di kota ini.

Dijelaskannya, kegiatan peringatan HANI dilakukan BNNK Banjarmasin dalam beberapa tahapan sampai ke acara puncaknya yang dilaksanakan hari ini.

Rangkaian acara puncak peringatan HANI 2017 ditandai dengan menyerahkan penghargaan kepada masyarakat yang telah berpartisipasi melaksanakan program BNNK Banjarmasin, dan penadatangan MoU antara TP PKK Kota Banjarmasin dengan BNNK Banjarmasin. (MC Banjarmasin/toeb)