Jalan Rusak Ganggu Aktifitas Warga Desa Lok Hamawang Kabupaten Balangan

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Rabu, 12 Juli 2017 | 22:50 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 674


Paringin, InfoPublik - Rusaknya ruas jalan kabupaten di Desa Lok Hamawang terus saja dikeluhkan oleh warga sekitar. Pasalnya jalan tersebut merupakan jalan utama di tempat mereka untuk melakukan aktifitas sehari-hari baik itu untuk bekerja keladang maupun ke pasar.

Akan tetapi jalan ini juga sangat mengganggu warga ketika harus membawa kerabat mereka yang sakit menggunakan mobil. Jelas sangat mengganggu, kubangan lumpur yang menganga di tengah jalan siap melahat setiap pengendara yang melintasinya.

Tak jarang jalan tersebut membuat mobil amblas dan terbalik olehnya. Salah seorang warga sekitar mengatakan, jalan didesanya tersebut sudah lama mengalami kerusakan, diperparah lagi kalau diguyur hujan. Lobang-lobang besar dijalan tersebut penuh berisi air dan menimbulkan lumpur disepanjang jalan tersebut.

"Kalau habis hujan, lobangnya penuh dengan air dan lumpur, dan kalau melintas disitu tidak hati-hati bisa amblas dan mungkin saja terbalik," bebernya.

Dan yang mirisnya lagi, lanjutnya, apabila ada warga yang sakit dan harus dibawa ke RSUD, warga di desa Lok Hamawang RT 04 ini binggung untuk membawanya. Masalahnya jarak dari desa tersebut ke Kecamatan Lampihong menempuh jarak 3 sampai 4 kilo meter dan itu pun harus melalui jalan yang hancur dan membahayakan orang yang melintasinya.

"Sudah dua orang warga yang ingin di bawa ke RSUD Balangan yang tidak terselamatkan, orang tersebut meninggal dalam perjalanan sebelum sampai ke RSUD," ungkapnya.

Dirinya menambahkan, tidak hanya jalan kabupaten didaerahnya saja yang cepat diperbaiki, melainkan jembatan penyeberangan yang ada didesanya juga bisa diperbesar dan dibuat permanen, agar jalur transportasi didesa tersebut bisa lebih mudah.

"Kami juga berharap jembatan gantung di Desa Lok Hamawang RT 04 yang menyambungkan Desa Lok Hamawang dengan Sungai Awang ini bisa dibuat lebih besar dan permanen supaya mempermudah warga disini untuk beraktifitas sehari-hari," harapnya.

Sementara itu salah seorang Anggota DPRD Balangan yang bermukim di Sungai Awang Fahrudin Misran menyebutkan, masalah perbaikan jalan dan pembuatan jembatan tersebut sudah beberapa kali disampaikan keinstansi terkait. Pihaknya bersama warga sudah membuat proposal agar jalan dan jembatan dapat segera diperbaiki.

"Kita bersama warga Desa Lok Hamawang dan sekitarnya mengharapkan jalan dan jembatan didesa ini bisa cepat diperbaiki. Karena jalan dan jembatan disini merupakan akses utama yang dilalui warga untuk beraktifitas sehari-hari," pungkasnya. (MC Balangan/Sugi)