Surabaya, InfoPublik – Masih di bulan Syawal 1438 H kali ini, Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi menghadiri kegiatan halal bihalal yang berlangsung di Gedung Indoor Sport Mako Koarmatim, Ujung, Surabaya Selasa (11/7).

“Saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah kepada seluruh peserta halal bihalal. Acara halal bihalal ini digelar sebagai suatu kebiasaan baik usai merayakan Lebaran dengan tujuan mencari ridha Allah,” jelas Ade.

Ia mengatakan, melalui halal bihalal dengan berjabat tangan sebagai ciri khas dan tanda untuk saling membersihkan diri dari noda dan kesalahan. Hal itu, lanjut dia, juga menjadi bentuk bukti dari eratnya rasa persatuan dan persaudaraan antar sesama.

“Dengan kegiatan halal bihalal hari ini, saya harap dapat meningkatkan kualitas hubungan interpersonal yang nantinya bermuara pada peningkatan kinerja organisasi TNI Angkatan Laut," tutur lulusan AAL angkatan ke-28 ini.

Selain menyampaikan tentang makna dari halal bihalal, Kasal juga menyampaikan beberapa penekanan kepada segenap prajurit dan PNS TNI AL wilayah timur. Antara lain hindari keterlibatan prajurit dan PNS TNI AL dengan narkoba, baik sebagai pengguna maupun pengedar.

Hal ini tidak hentinya digaungkan karena Presiden Joko Widodo pun sudah menyatakan perang terhadap obat-obatan terlarang tersebut. Hal lain yang menjadi perhatian Kasal terhadap prajurit dan PNS TNI AL adalah masalah penipuan yang berlatar belakang usaha Multi Level Marketing atau MLM.

Kasal berharap jangan sampai ada lagi korban penipuan dari anggota keluarga besar TNI AL. Selain penipuan lewat MLM, penipuan karena tergiur dengan keahlian orang pintar juga menjadi perhatian agar diwaspadai oleh seluruh prajurit dan PNS TNI AL dan juga keluarga mereka.

Agar tidak menjadi korban penipuan Kasal berpesan agar seluruh prajurit TNI AL hendaknya tidak bergaya hidup mewah dalam keseharian, sehingga tuntutan hidup tidak melambung tetapi sesuai dengan gaji prajurit dan cukup untuk kebutuhan sandang, pangan dan papan. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/toeb)