HUT Bhayangkara Ke -71 Momentum Refleksi Diri

:


Oleh Prov. Bengkulu, Rabu, 12 Juli 2017 | 07:36 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 375


Bengkulu, InfoPublik - Memperingati Hari Bhayangkara ke -71, Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu melaksanakan upacara yang dipusatkan di halaman Markas Kepolisian Resor (Mapolres) Kota Bengkulu yang diikuti oleh seluruh jajaran Polda Bengkulu.

Turut hadir dalam acara ini Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Forkompinda Kota dan Kabupaten serta undangan lainnya.

Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke-71 yang dibacakan oleh Kapolda Bengkulu Brigjend, Pol Coki Manurung, Presiden RI meminta agar di HUT Bhayangkara tahun ini Polri dapat meningkatkan kinerja pelayanannya kepada masyarakat secara optimal.

“Peringatan hari Bhayangkara tahun ini, saya harapkan bukan sekedar menjadi perayaan, tetapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri, khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelas Presiden RI yang dibacakan oleh Kapolda Bengkulu Brigjend, Pol Coki Manurung pada upacara Hari Bhayangkara Ke -71, Senin (10/7).

Presiden Jokowi juga mengharapkan dengan refleksi dini, Polri bisa melihat lagi bukan hanya keberhasilan yang telah dicapai, namun juga menyadari kelemahan dan kekurangan selama ini. Kelemahan dan kekurangan itu harus dilihat sebagai tantangan untuk memperbaiki diri, untuk melakukan perubahan yang positif.

“Saya berharap melalui tangan Polri, negara dapat selalu hadir di tengah masyarakat dalam memberikan rasa aman, mampu membangun keteraturan dan keharmonisan sosial, menjadi tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap hukum serta tidak sekalipun melakukan perbuatan menyimpang dan tercela,” ujar Presiden RI.

Pada sambutan Presiden Joko Widodo yang dibacakan Brigjend, Pol Coki Manurung ini, Presiden juga menyampaikan bahwa semua tugas dan tanggungjawab yang melekat pada setiap insan Bhayangkara tidaklah ringan dan mudah. Namun, Presiden yakin setiap anggota Polri akan mampu menjalankan amanah ini secara profesional, dengan penuh keikhlasan, integritas, dan rasa tanggung jawab.

“Semoga peringatan hari Bhayangkara tahun 2017 ini dapat kita jadikan momentum untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara yang kita cintai, menuju Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Semoga Tuhan Yang Maha Esa merestui upaya kita bersama,” jelas Presiden RI.

Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke -71 ini juga dimeriahkan oleh simulasi yang dilakukan oleh Sabhara Polda Bengkulu Unit K9 (Anjing Pelacak) dimana para K9 berusaha melacak benda - benda yang diduga merupakan Narkoba serta mengantisipasi pelaku yang berusaha melarikan diri.

Selain simulasi oleh Unit K9, upacara ini juga diisi oleh penampilan Tim Inline Skate Polda Bengkulu yang melakukan simulasi penanganan kecelakaan, serta atraksi melompati tiga orang dan Slalom. (Morecka/Media Center Pemprov)