BKN Buka Kantor UPT Manajemen ASN di Sulteng

:


Oleh H. Roy Setiawan, Selasa, 11 Juli 2017 | 18:46 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 603


Palu, InfoPublik - Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka kantor UPT Manajemen ASN di Palu, Sulawesi Tengah. Tujuannya untuk mendekatkan layanan kepegawaian bagi pegawai aparatur sipil negara dan masyarakat pada umumnya.

Peresmian kantor dihadiri langsung Kepala BKN Bima Haria Wibisana dan Gubernur Longki Djanggola, Selasa (11/7).

Kantor yang beralamat di Jalan Kartini ini merupakan bekas kantor Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi yang digunakan berdasarkan perjanjian pinjam pakai selama lima tahun terhitung tanggal 27 April 2017.

Bangunan kantor berluas 365,94 meter dan fasilitas yang dimiliki berupa ruang kerja kepala UPT dan staf, ruang server, dan ruang pelaksanaan CAT (Computer Assisted Test) atau tes berbasis komputer yang dilengkapi 55 unit PC.

Dengan hadirnya UPT BKN di Palu, Gubernur Longki berharap akan mempercepat reformasi birokrasi dalam fasilitasi rekrutmen CPNS dan siswa sekolah kedinasan, ujian dinas dan penyesuaian ijazah, pemetaan kompetensi jabatan, seleksi jabatan struktural, tes kompetensi bidang dan asessment ASN.

“Tiap pegawai ASN di Sulawesi Tengah akan dapat didayagunakan dan ditempatkan secara benar dan tepat, berdasarkan background pendidikannya, bakat, kompetensi dan potensinya,” harap gubernur.

Sementara itu, Kepala BKN Bima Haria mengungkapkan kantor UPT yang baru diresmikan adalah yang ke-8 di Indonesia dan ia targetkan tiap provinsi akan mempunyai kantor UPT sendiri.

Titik berat layanan UPT manajemen ASN lanjut Bima ada pada asessment center dan CAT untuk mendapat pegawai ASN berkualitas sebagai pelayan publik.

Olehnya secara halus Ia mohon ke gubernur, kiranya menghibahkan kantor untuk direnovasi sehingga memenuhi standar yang ditentukan. “Idealnya tiga lantai, atas untuk asessment center, lantai dua untuk CAT berkapasitas 100 PC dan lantai satu untuk layanan dasar,” urainya.

Terkait keinginan itu, gubernur setuju asalkan tidak melanggar ketentuan aset. “Kalau semua memenuhi ketentuan aset, saya tidak alergi menghibah-hibahkan,” singkatnya.

Rangkaian peresmian kantor dimulai dengan pembukaan selubung papan nama kantor lalu pengguntingan pita di pintu masuk, dan dilanjut peninjauan simulasi CAT oleh rombongan pejabat BKN dan Gubernur Longki Djanggola.

Turut hadir diacara peresmian Bupati Donggala Kasman Lassa dan Bupati Sigi Moh Irwan Lapata, Plt Sekda Derry B. Djanggola, Kepala BKD Provinsi Aris Singgih dan para kepala BKD kabupaten/kota se-Sulteng.