Teluk Kuantan, InfoPublik - Untuk keenam kalinya secara berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Prestasi ini diraih atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kuansing tahun anggaran 2016.

Penyerahan LHP atas LKPD Pemkab Kuansing 2016 ini diserahkan oleh Plh Kepala BPK RI Perwakilan Riau, Didik Hartanto kepada Bupati Kuantan Singingi, Mursini dan Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, Senin (10/7/2017) di kantor BPK RI Perwakilan Riau di Pekanbaru.

Turut menyaksikan acara penyerahan tersebut, Wakil Bupati Halim dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kuansing.

BPK RI Perwakilan Riau melalui siaran persnya menyatakan bahwa pemeriksaan terhadap laporan keuangan bertujuan untuk memberikan opini atas laporan keuangan.

Opini merupakan pernyataan profesional sebagai kesimpulan pemeriksaan mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

Berdasarkan LKPD Kuansing 2016, BPK RI memberikan opini WTP. Opini ini diberikan atas dasar keseuaian laporan keuangan dengan standar akutansi pemerintah (SAP), efektifitas sistem pengendalian internal, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta pengungkapan dalam laporan keuangan yang memadai.

Dalam pemeriksaan ini, BPK juga mengungkapkan bahwa adanya permasalahan-permasalahan terkait sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Hasil pemeriksaan ini disampaikan kepada Bupati dan Ketua DPRD Kuansing untuk segera ditindak lanjuti dan digunakan sebagai bahan perbaikan, peningkatan kinerja pengelolaan keuangan dan pembangunan daerah.

BPK mengharapkan, hasil pemeriksaan ini dapat memenuhi seluruh pemilik kepentingan demi terciptanya akuntabilitas dan transparansi keuangan daerah yang lebih baik.

Sementara itu, Bupati Mursini dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kuansing yang telah berjuang bersama-sama dalam upaya meraih penghargaan WTP ini.

"Ini tentunya menjadi kebanggan bagi Pemkab Kuansing dan kita semua tentunya berharap pada masa yang akan datang dapat meraih opini yang jauh lebih baik lagi atau setidaknya bisa mempertahankan capaian yang sudah ada saat ini," ujarnya.

Disamping itu, Bupati Mursini juga mengucapkan terimakasih kepada BPK RI perwakilan Riau yang telah melakukan pemeriksaan dan bimbingan selama melakukan audit atau pemeriksaan di Kuansing.

Hal serupa disampaikan juga oleh ketua DPRD, Andi Putra yang menyatakan bahwa prestasi ini harus disampaikan kepada seluruh masyarakat Kuansing. "Ini adalah prestasi yang kita raih selama enam kali berturut-turut dan tentunya sangat membanggakan kita semua," pungkasnya. (Ultra Sandi)