Pemkot Tangerang Siap Pamerkan Budaya Akulturasi di Acara Apeksi

:


Oleh MC Kota Tangerang, Senin, 10 Juli 2017 | 20:24 WIB - Redaktur: Tobari - 604


Tangerang, InfoPublik - Pemerintah Kota Tangerang akan ikut berpartisipasi dan memeriahkan kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Tangerang (Apeksi) pada 19 Juli mendatang di Malang Jawa Timur. Salah satu yang ditampilkan adalah kegiatan karnaval serta akulturasi budaya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kota Tangerang Hj Raden Rina Hernaningsih mengatakan, salah satu yang akan digelar dalam kegiatan Apeksi tersebut adalah penampilan kebudayaan masing-masing daerah.

"Nah kita dari Kota Tangerang ingin menampilkan ini," ujarnya saat ditemui Senin (10/7) pagi di sela-sela gladi resik penampilan kebudayaan di Selasar Plaza Puspemkot Tangerang. Akulturasi yang ditampilkan meliputi perpaduan budaya Sunda, Betawi dan Tionghoa. 

Bukan hanya dipantau oleh jajaran Disbudpar, kegiatan itu juga langsung dimonitor oleh Wakil Walikota Tangerang H. Sachrudin dan Sekretaris Daerah H. Dadi Budaeri. Kurang lebih 15 menit, Wakil Walikota melihat satu demi satu para peserta yang tampil. Sesekali ia juga nampak berdiskusi dengan sekda dan jajarannya.

Berdasarkan pantauan, kedatangan Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah membuat para peserta tambah bersemangat. Termasuk para pemain gamelan yang lagu daerah berjudul Tumbila.

Untuk diketahui, berat pakaian karnaval yang dipergunakan adalah minimal 5 Kg, bila ditambah dengan perlengkapan lain menjadi 10 Kg. "Malah ada yang beratnya mencapai 15 Kg," ujar seorang panitia. (MC Kota Tangerang/toeb)