Gandeng UI, PT PJB Fokus Tingkatkan Kualitas SDM

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 10 Juli 2017 | 10:08 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 213


Surabaya, InfoPublik - PT Pembangkitan Jawa – Bali (PJB) terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)  bidang Teknologi dan Pengetahuan menggandeng Universitas Indonesia (UI).

Kerjasama ini diikat melalui menandatangani Nota kesepahaman (MoU) meliputi  pendidikan dan pelatihan, penelitian, kajian pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pendayagunaan kemampuan perekayasaan industri.

Penanda tangan MoU dilakukan Rektor Universitas Indonesia, Prof Dr Ir Muhammad Anis, MMet dan Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara. Dalam kerjasama ini, UI juga akan memberikan pendampingan dalam kajian teknologi, konsultasi permasalahan teknik pembangkit, kajian proses pengadaan peralatan pembangkit, dan kajian dalam penerapan teknologi yang berkaitan dengan efisiensi energi, teknologi gasifikasi, serta pembangkit energi baru terbarukan.

Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara dalam rilisnya menyampaikan, penguasaan teknologi bagi PT PJB merupakan salah satu kebutuhan vital. Perguruan tinggi menjadi salah satu mitra dalam meningkatkan kompetensi SDM PT PJB di bidang teknologi.

Menurutnya, perkembangan PT PJB tidak lepas dari peran serta perguruan tinggi dalam peningkatan kompetensi SDM, kajian, problem solving,penelitian serta pengembangan teknologi yang dilakukan PT PJB. “Kami telah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di tanah air, termasuk dengan Universitas Indonesia,” kata Iwan.

Kerja sama antara PT PJB dengan Universitas Indonesia bukan kali pertama dilakukan. Saat ini UI tengah melakukan kajian reklamasi Muara Karang dan reklamasi Muara Bekasi.  Selain itu juga tengah dilakukan kajian dan permodelan CFD untuk boiler FTP luar Jawa. Ke depan PT PJB akan menjajaki kerja sama dalam pengembangan pembangkit listrik biomassa dan pengembangan PLTU Merah Putih Nasional. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/eyv)