Temanggung, InfoPublik – Ikatan Bidan Indonesia Cabang Temanggung bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Badan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak (DPPKBPPPA) mengadakan  bakti sosial pemeriksaan IVA dan Pemasangan Implan,  Rabu (5/7).

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-66 tahun tersebut, bertempat di Gedung IBI yang beralamat di Desa Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, dengan tujuan untuk mengetahui dan mencegah kematian akibat kanker rahim dan kanker payudara .

Bhakti sosial HUT IBI tersebut, dilaksanakan dengan melibatkan 3 dokter penanggung jawab, semua provider dan 25 Puskesmas di Kabupaten Temanggung.

Acara berlangsung dari pukul 08.00 sampai 13.00 Wib, yang diawali dengan sambutan dari Kepala Badan Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Masruchi, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA dan pemasangan Implan.

Warga menanggapi dengan sangat baik tentang adanya acara ini, terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai 65 orang yang berasal dari Puskesmas Jumo, Kedu, Temanggung, Kandangan, Ngadirejo, kaloran, Puskesmas Dharma, Puskesmas Parakan, Bejen dan Puskesmas Kranggan.

Dari Pemeriksaan ditemukan 16 peserta positif IVA dan 2 peserta kelainan payudara. (MC TMG/Aji/Deni Dinkes/Ekape/Bidan Artati/toeb)