Ruang Kelas SDN 1 Dan SDN 6 Palangka Ludes Terbakar

:


Oleh MC Kota Palangka Raya, Rabu, 5 Juli 2017 | 09:35 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 281


Palangka Raya, InfoPublik – Musibah kebakaran kembali melanda Kota Palangka Raya. Kali ini giliran ruangan atau gedung SDN 1 Palangka dan SDN 6 Palangka yang ludes terbakar. Peristiwa ini terjadi, Selasa 4 Juli 2017 sekitar pukul 18.30 WIB.

Dua bangunan SDN 1 dan SDN 6 Palangka yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Km 1 Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya ini sangat berdekatan. Lokasi SDN 1 Palangka berada di depan atau pinggir jalan raya, sedangkan SDN 6 Palangka berada di belakang SDN 1 Palangka.

Insiden kebakaran ini sempat membuat gempar warga sekitar, termasuk para pengendara yang melintas. Apalagi lokasi kejadian juga tepat berada di depan Polda Kalimantan Tengah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun mediacenter palangkaraya dari tim relawan diketahui jika penyebab kebakaran masih belum diketahui. Sebab aparat kepolisian masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian.

Berdasarkan keterangan dari bapak Milo Tandang, seorang penjaga Gereja Sion yang letaknya tidak jauh dari lokasi kejadian, mengatakan saat itu dia melihat kobaran api sekitar pukul 18.30 WIB. Saat itu bapak Milo mengira yang terbakar adalah rumah bapak Yuska warga Jalan Arut.

Namun setelah dilihat yang terbakar adalah ruangan pojok di SDN Palangka 1. Sementara itu saat terjadi kebakaran sang penjaga sekolah bapak Andrianus Paulus sedang keluar kerja dan istrinya Mery juga tidak berada di rumah yang ada hanya anaknya beranama Bondet dan diberi tahu jika ada kebakaran maka mereka langsung masuk ke dalam rumah.

Saat itu kobaran api makin membesar dan menjalar membakar bangunan ruang kelas dan kantor. Berdasarkan hasil inventarisasi tim relawan diketahui ada 8 ruang kelas yang terbakar, satu ruang kantor TU, satu  ruang guru dan kepala sekolah, dan rumah penjaga sekolah.

Untungnya dalam musibah ini tidak ada korban jiwa, namun kerugian materil diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Asal api diperkirakan dari konsleting listrik dan api dapat dipadamkan sekitar pukul 19.45 WIB oleh petugas Damkar Pemprov, Damkar Pemkot, BPK Muhajirin, BPK Mantikai, Water Canon Brimob Polda Kalteng, BPK Nusantara, dan Pandohop. (MC. Isen Mulang/ndk/eyv)