Kemenag Blora Gelar Manasik Calon Jamaah Haji

:


Oleh MC Kabupaten Blora, Rabu, 5 Juli 2017 | 09:03 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 548


Blora, InfoPublik - Pemkab Blora bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Blora melaksanakan kegiatan manasik bagi para calon jamaah haji yang akan berangkat tahun 2017.

Kegiatan manasik calon jamaah haji dibuka secara langsung oleh Kepala Kankemenag Kab.Blora Nuril Anwar SH, MH di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Selasa (4/7) dengan dihadiri Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si mewakili Bupati H.Djoko Nugroho, Sekda Drs. Bondan Sukarno MM, Ketua IPHI Blora H.Abdullah Aminudin, perwakilan Forkopimda dan tokoh agama.

Dalam pembukaan manasik calon haji itu, Kepala Kankemenag Kab.Blora Nuril Anwar SH, MH menyampaikan bahwa jumlah calon haji Kabupaten Blora tahun ini sebanyak 664 jamaah. Yang terbagi dalam 3 kelompok terbang (kloter).

“Calon jamaah haji tahun ini ada 664 yang terbagi dalam kloter 38, 87 dan 88. Kloter 38 terdiri atas seluruh jamaah dari Blora. Sedangkan kloter 87 gabungan dengan Kudus dan kloter 88 bergabung dengan Rembang,” ucap Nuril Anwar.

Untuk jadwal berangkatnya, menurut Nuril Anwar akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus dan 22 Agustus 2017. Ia berharap semua dokumen bisa segera diselesaikan agar nanti bisa berangkat dengan lancar sehingga fokus beribadah.

Wakil Bupati H.Arief Rohman M.Si dalam sambutannya menyampaikan salam hormat dari Bupati Djoko Nugroho untuk seluruh jamaah calon haji Kabupaten Blora. Menurutnya, Bupati tidak bisa hadir secara pribadi dalam pembukaan manasik dikarenakan pada waktu bersamaan sedang bertugas menjadi pemimpin Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung II di Kecamatan Todanan.

“Saya mewakili bupati mengucapkan selamat kepada 664 jamaah calon haji yang akan melaksanakan latihan manasik. Semoga berjalan lancar untuk menunjang kelancaran ibadah di tanah suci nanti. Ikuti seluruh arahan dari petugas agar bisa segera menyesuaiakan tata cara ibadah haji yang baik dan benar. Kelak, jadilah haji yang mabrur dan bermanfaat untuk sesama,” pesannya.

Wakil Bupati asal Seren Kecamatan Banjarejo ini juga menyatakan kesediannya untuk ikut mengantarkan jamaah calon haji hingga ke embarkasi Donohudan yang ada di Boyolali.

“Nanti saya akan ikut melepas dari Donohudan,”tegasnya.Usai pembukaan, seluruh jamaah calon haji secara berkelompok melaksanakan manasik di wilayah masing-masing. Kantor Kemenag Blora menyediakan tenaga pelatih atu tutor manasik dibantu oleh Bagian Kesra Setda Kabupaten Blora. (MC Kab. Blora/Andri/Eyv)