HUT RI Ke 72, Pemerintah Gelar Lomba Masak Ikan Untuk Presiden

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Selasa, 4 Juli 2017 | 09:11 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 579


Surabaya, InfoPublik - Menyambut peringatan HUT RI ke 72, Kantor Staf Presiden, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pariwisata bersama Prima Rasa (Femina Group) menggelar lomba masak ikan untuk presiden.

Pemenang dan yang terpilih nantinya berkesempatan memasak menu ikan untuk dinikmati Presiden Joko Widodo pada HUT RI ke 72 di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki dalam keterangan presnya yang dikirimkan Humas Kementerian Keluatan dan Perikanan (KKP), Selasa (4/7), mengatakan, melimpahnya ikan di laut Indonesia, mendorong pemerintah untuk mengajak masyarakat berkreasi menciptakan resep olahan ikan guna meningkatkan konsumsi ikan.

Oleh karena itu, pemerintah melalui yang dimulai pada pertengahan Juli 2017 ini, mengajak semua masyarakat dan koki untuk mengikuti lomba tersebut.

Lomba masak ikan ini sekaligus mengkampanyekan konsumsi makan ikan di masyarakat. “Karena kita juga sedang berusaha memperbaiki asupan gizi yang baik. Kami melihat satu sumber protein yang banyak adalah ikan,” jelasnya.

Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo mengatakan, jenis ikan yang diolah dalam lomba tersebut hendaknya ikan asli dari Indonesia.

“Ikan di Indonesia dalam arti luas, ada ikan yang bersirip, ada yang tidak bertulang belakang (cumi-cumi). Apapun itu, ikan yang baik adalah yang didapat dari hasil budidaya atau menangkap langsung di laut Indonesia,” ungkapnya.

Sebagai informasi, sosialisasi lomba ini dilakukan hampir di seluruh Indonesia, dengan menggunakan hastag #IkanItuEnak dan #MenujuIstana. Pihak panitia akan melakukan roadshow ke beberapa kota di Indonesia, di antaranya Biak Papua (11 Juli), Batam (16 Juli) dan Gorontalo (18 juli) dan delapan daerah lainnya yang masih disusul jadwal penyelenggaraannya.

"Hal itu seperti Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Solo, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan.

“Kami akan melakukan audisi dan bertemu langsung dengan para calon koki. Peserta tidak harus koki, para ibu rumah tangga pun bisa ikut lombanya,” ungkap CEO Femina Group, Svida Alisjahbana yang merupakan pihak penyelenggara.

Dari 11 kota yang dilakukan road show ini akan mencari 30 semifinalis peserta lomba masak ikan nusantara. “Total 30 semifinalis dijurikan menjadi 10 finalis yang akan diadu di Jakarta untuk mencari tiga pemenang yang nantinya berkesempatan memasak untuk Presiden,” tutupnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-jal/eyv)