Palangka Raya, InfoPublik-Kerja keras Pemerintah Kota Palangka Raya untuk mempercantik wajah kota dengan memperbanyak taman membuahkan hasil menggembirakan.

Berdasarkan penilaian dari Tim Adipura diketahui jika di beberapa lokasi taman dapat nilai cukup tinggi yakni mencapai di atas 80 poin. Angka ini menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Rawang merupakan tanda positif untuk meraih Adipura.

Taman-taman kota yang mendapat nilai bagus ini di antaranya di kawasan Jalan Yos Sudarso, khususnya depan kantor dinas kesehatan provinsi Kalimantan Tengah dan depan kampus universitas Palangka Raya.

"Saat penilaian tahap satu (P1) oleh tim Adipura, kondisi taman kota sudah bagus. Jadi dalam P2 nanti tidak perlu dinilai lagi," kata Rawang seusai mengikuti apel gabungan di balai kota, Senin (3/7).

Meskipun demikian, jajaran pemerintah kota tidak boleh puas dulu. Sebab menurut Rawang untuk mendapatkan penghargaan Adipura masih ada tugas berat yang harus dituntaskan, yakni persoalan sampah.

Penilaian tahap dua (P2) nanti, Tim Penilai Khusus menilai masalah persoalan sampah. Setidaknya, ada empat objek pengelolaan sampah yang akan dinilai oleh tim.

Empat objek yang akan dinilai ini adalah pengelolaan sampah di tempat pembuangan sementara (TPS), depo, bank sampah, dan tempat pembuangan akhir (TPA). Jika ke-4 objek pengelolaan sampah ini mendapat nilai di atas 70, maka sudah bisa dipastikan Kota Palangka Raya bisa memboyong lagi piala Adipura.

Sejak kepemimpinan Walikota Palangka Raya, Riban Satia dan Wakilnya Mofit Saptono Subagio banyak taman yang dibuat. Hal itu di antaranya pembuatan taman di sepanjang Jalan Badarudin, Yos Sudarso, dan Jalan Garuda.

Rencananya tahun ini para penjual bungga di Jalan Lambung Mangkurat akan direlokasi ke Jalan Yos Sudarso ujung dan di Jalan Lambung Mangkurat ini juga akan dijadikan taman, sehingga menambah keasrian wajah Kota Cantik. (MC.Palangka Raya/Isen Mulang/Eyv)