114 Calon Jemaah Haji Balangan Ikuti Manasik Haji Perdana

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Selasa, 4 Juli 2017 | 00:56 WIB - Redaktur: Tobari - 701


Paringin, InfoPublik - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Balangan melaksanakan bimbingan manasik haji perdana bagi calon jamaah haji asal kabupaten Balangan musim haji 1438 Hijriah / 2017 masehi,  di Paringin, Senin (3/7).

Acara yang digelar di Aula Mayang Maurai Komplek Perumahan Dinas Bupati Balangan ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Balangan H. Ansharuddin dan turut dihadiri Kepala Kantor Kemanag Balangan H Fakhruddin, dan Ketua MUI Balangan KH Ahmad Yusuf.

Kepala Kemenag H Fakhruddin dalam laporannya menyampaikan, calon jamaah haji Kabupaten Balangan yang masuk dalam alokasi provinsi sebanyak 114 orang ditambah 1 orang TPHD, sehingga total berjumlah 115 orang yang terdiri dari 49 laki-laki dan 66 perempuan.

Rincian jamah haji Balangan di 8 kecamatan meliputi, Kecamatan Paringin sebanyak 39 orang, Lampihong 21 orang, Batumandi 16 orang, Awayan 13 orang, juai 8 orang, Halong 6 orang dan Paringin Selatan 11 orang, sedangkan dari Kecamatan Tebing Tinggi masih belum ada.

Pelaksanaan bimbingan manasik haji, menurut Fakhruddin, bertujuan agar calon jamaah haji dapat menimba ilmu, menambah wawasan tentang tata cara dan tahapan pelaksanaan ibadah haji.

Dengan begitu, calon jamaah haji Balangan diharapkan nantinya dapat menunaikan ibadah haji di tanah suci dengan baik, sah dan sempurna, sehingga nantinya meraih gelar haji yang mabrur dan mabrurah.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Balangan H Ansharuddin mengungkapkan, manasik haji sangat peting untuk dilaksanakan, sebab bertujuan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, bagi para jamaah calon haji sebelum diberangkatkan menunaikan ibadah haji di tanah suci.

"Bagi calon jamaah haji agar selalu mengikuti manasik haji mulai dari awal hingga akhir dengan sungguh-sungguh, agar siap dalam menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah," pesannya.

Bupati Ansharuddin dalam kesempatan tersebut, juga mengingatkan agar para jamaah lebih menjaga kesehatan dan menjaga kekompokan dan kebersamaan saat berada di kelompoknya masing-masing supaya dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya berjalan dengan lancar.

"Selamat kepada para calon jamaah haji yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini, Ikuti dan resapi pelaksanaan manasik haji yang dilaksanakan. Semoga menambah pengetahuan dan nanti dalam melaksanakan ibadah dilapangan mendapatkan haji yang mabrur," katanya.(MC Balangan/Sugi/toeb)