Pemkab Sleman Optimalkan Pelayanan Publik

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Senin, 3 Juli 2017 | 18:48 WIB - Redaktur: Tobari - 881


Sleman, InfoPublik - Biaya untuk kesehatan dan pendidikan semakin mahal, padahal untuk menghasilkan generasi penerus dibutuhkan dukungan kesehatan dan pendidikan yang memadai. Dinas Sosial Kabupaten Sleman dengan slogan "Datang Sedih Pulang Senang" berkomitmen memberikan pelayanan prima.

"Sejak 2015, Dinas Sosial Kabupaten Sleman dengan sistem layanan dan rujukan terpadu telah melayani segala permasalahan sosial belum mempunyai jaminan pendidikan, kesehatan, dan keterlantaran," kata Kepala Seksi Data Kesejahteran Sosial, Sigit Indarto, SE, M.Si, Senin (3/7).

Sedangkan untuk bulan Januari hingga Juni tahun 2017, Dinas Sosial Kabupaten Sleman dituturkan Sigit, telah melakukan penanganan kurang lebih 5.000 layanan dan rujukan.

Dedikasi Dinas Sosial terhadap masyarakat pun terlihat saat libur panjang lebaran tahun ini. Dinas Sosial Kabupaten Sleman tetap membuka pelayanan meski libur lebaran berlangsung.

“Selama cuti bersama kemarin, itu kita juga tetap melayani, kita bisa melayani kurang lebih sekitar 317,” tambah Sigit. 

Sementara itu, pada hari pertama masuk kerja, Senin (3/7) hingga pukul 13.00 siang, Dinas Sosial Kabupaten Sleman setidaknya sudah melayani 141 pemohon. Kebanyakan dari pemohon, mengajukan permohonan terkait Surat Keterangan Tidak Mampu.  “Khususnya untuk masuk sekolah,” jelas Sigit.

Selain untuk pendidikan, pelayanan yang diberikan oleh Dinas Sosial pun berasal dari segala permasalahan sosial lain, yakni kesehatan, dan keterlantaran. Dana yang diberikan juga beragam jika untuk pendidikan maksimal Rp3 juta, maka untuk kesehatan maksimal Rp5 juta dan untuk keterlantaran bergantung pada kasusnya. (MC Sleman/toeb)