136 Penumpang Arus Balik Naik Gratis KM Mutiara Sentosa III

:


Oleh Dian Thenniarti, Kamis, 29 Juni 2017 | 21:35 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 394


Jakarta, InfoPublik - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Emas Semarang, Capt. Gajah Roseno pada Kamis (29/6) pukul 16.00 WIB melepas para peserta mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut yang merupakan pertama kalinya untuk arus balik di musim angkutan Lebaran tahun 2017.

Sebanyak 136 orang penumpang dan 51 sepeda motor peserta mudik gratis dilepas di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menggunakan kapal KM. Mutiara Sentosa III.

"Hari ini pelepasan kapal mudik gratis KM. Mutiara Sentosa III untuk arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jumlah sepeda motor dan penumpang belum terlalu banyak mungkin karena masih banyaknya masyarakat yang masih berlibur," ujar Capt. Gajah.

Selanjutnya, kapal mudik gratis akan menggunakan KM. Dobonsolo milik PT. Pelni yang akan diberangkatkan pada tanggal 30 Juni dan dilanjutkan pada 2, 4, dan 6 Juli 2017 pada pukul 16.00 WIB.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerjanya ke Semarang menyempatkan diri meninjau Kapal mudik gratis milik PT. Atosim Lampung Pelayaran tersebut.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut A. Tonny Budiono bahwa program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut ini bertujuan untuk meningkatkan kelancaran lalu lintas angkutan jalan dan mengurangi potensi kecelakaan pengguna jalan raya khususnya pengguna sepeda motor di jalur pantura.

"Sampai saat ini, pendaftaran mudik gratis arus balik sepeda motor ini masih dapat dilakukan secara online di http:/mudikgratis.dephub.go.id dan offline dengan mendatangi posko pendaftaran mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Emas hingga hari H keberangkatan," ujar Tonny.

Seperti diketahui, pada tahun 2017 Kementerian Perhubungan menyediakan mudik gratis bagi sepeda motor dengan kapal dilayani oleh dua kapal, yaitu kapal milik PT. Pelni KM Dobonsolo, dengan kapasitas angkut  sebesar 10 ribu unit sepeda motor dan 20 ribu orang penumpang dan KM Mutiara Sentosa III, milik PT. Atosim Lampung Pelayaran dengan kapasitas angkut sebanyak 1.000 unit sepeda motor dan 2.000 orang penumpang.

Dirjen Tonny berharap agar masyarakat memanfaatkan program mudik gratis untuk arus balik tersebut. Selain gratis tanpa dipungut biaya apapun, fasilitas kapal yang disiapkan cukup bagus dan memadai juga tersedia hiburan sehingga pelayaran selama 14 jam tidak akan terasa lama. 

"Jadi program mudik gratis ini memberikan pelayaran mudik yang aman, selamat, tertib, dan nyaman bagi para pengguna sepeda motor. Dengan mudik bareng akan tercipta guyub rukun," tambah Tonny.