Kerak Telor Kuliner Favorit di Lokasi Wisata Setu Babakan

:


Oleh G. Suranto, Kamis, 29 Juni 2017 | 17:44 WIB - Redaktur: Juli - 2K


Jakarta, InfoPublik – Makanan khas Betawi kerak telor menjadi salah satu kuliner favorit di lokasi wisata dan perkampungan Betawi Setu Babakan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setu Babakan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya, dan makanan khas Betawi yaitu Kerak Telor menjadi salah satu kuliner yang banyak dicari di sana.

Makanan ini dibuat dari bahan beras ketan putih, telur ayam atau telur bebek, serta bumbu-bumbuan antara lain seperti ebim dan bawang merah goreng, cabai merah, kencur, jahe, garam, gula pasir, merica butiran, suiran kelapa sangrai, yang memiliki rasa khas.

Menurut Sobri, salah seorang pedagang Kerak Telur di Setu Babakan, satu porsi kerak telor dihargai hampir sama oleh setiap pedagang, dan di Setu Babakan ini ada sekitar 20-an lebih pedagang kerak telor.

Sobri menjual kerak telur ayam Rp18 ribu, sedangkan untuk kerak telur bebek Rp20 ribu. “Saya sudah berdagang di sini kurang lebih tujuh tahun. Kalau hari biasa, telur hanya habis satu atau dua kilogram, tapi pada liburan panjang Lebaran ini, saya bisa jual dua kali lipat,” katanya di Setu Babakan, Jakarta Selatan, Kamis (29/6).

Lain halnya dengan Sukriyadi, juga salah seorang penjual kerak telor di Setu Babakan, dirinya mengaku telah berjualan kerak telur di Setu Babakan sekitar 4 tahunan. Selain berjualan kerak telur di Setu Babakan, dirinya juga sering berjualan di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), dan Pekan Raya Jakarta (PRJ). “Kalau hari biasa, keuntungannya sekitar Rp300.000 - Rp400.000, pada hari libur panjang Lebaran 2017 ini, bisa mencapai Rp500.000,” ungkapnya.

Selain kerak telor, kuliner khas Betawi lainnya yang banyak dijual di Setu Babakan antara lain, seperti dodol Betawi, arum manis, bir pletok, soto Betawi, laksa, dan toge goreng.

Setu Babakan adalah lokasi wisata danau yang berlokasi di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.