Imbauan Menkes untuk Arus Balik Usai Lebaran

:


Oleh Putri, Rabu, 28 Juni 2017 | 23:11 WIB - Redaktur: Juli - 247


Jakarta, InfoPublik - Saat ini cuaca sedang tidak bersahabat, masyarakat yang akan kembali ke Jakarta atau kota lain usai mudik perlu hati-hati dan waspada khususnya bagi pengguna transportasi darat dan laut.

Imbauan tersebut disampaikan Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek kepada para pemudik yang akan menjalani arus balik usai libur panjang. Masyarakat juga diminta agar menjaga kondisi tubuh tetap fit. "Utamakan keselamatan. Jangan memaksakan diri bila lelah," ujarnya, Rabu (28/6).

Kemenkes juga secara terus menerus memberikan pesan kesehatan bagi masyarakat agar perjalanan balik tetap aman dan nyaman. Pesannya antara lain: Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum melakukan perjalanan, Tidak meminum obat yang menyebabkan ngantuk, Istirahat setiap empat jam perjalanan, dan Jangan paksakan mengemudi bila merasa lelah atau mengantuk.

Selain itu, gunakan masker dan lindungi diri dari asap debu dan polusi, Jangan konsumsi makanan/minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal, Cucilah tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan, Konsumsi makanan/minuman yang bersih dan sehat, dan buanglah sampah pada tempatnya. Juga Buanglah air kecil/besar di toilet yang tersedia, dan Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.