Bupati Sidoarjo Minta Momen Idul Fitri Untuk Mempererat Tali Silaturahmi

:


Oleh MC Kabupaten Sidoarjo, Rabu, 28 Juni 2017 | 15:03 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sidoarjo, InfoPublik – Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum serta Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, selalu melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Agung Sidoarjo, seperti halnya sholat Idul Fitri 1438 H tahun ini, Minggu (25/6).

Letak Rumah Dinas (Rumdin) H. Saiful Ilah dan H. Nur Ahmad Syaifuddin dengan Masjid Agung Sidoarjo mengharuskannya berjalan kaki menuju ke masjid. Dari pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, ia bersama-sama berjalan menuju Masjid Agung Sidoarjo untuk menunaikan sholat Idul Fitri.   

Saat itu Bupati H. Saiful Ilah tidak hanya bersama Wakil Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin. Ia juga bersama Khotib sholat Idul Fitri  DR. KH. Masykur Hasyim, MBA serta Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan yang telah menunggunya.

Selain itu juga ada Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Fadli Mulyono yang juga ikut bersama-sama menuju masjid Agung Sidoarjo. 

Sampai di masjid, ia bersama Forkopimda Sidoarjo terlebih dahulu melaksanakan sholat sunah tahiyyatul masjid. Usai sholat menghormati masjid tersebut, ia duduk sejenak menunggu dimulainya sholat Idul Fitri. Namun sebelumnya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah diberi kehormatan memberikan sambutan.  

Dalam sambutannya pada sholat Idul Fitri yang dilaksanakan hari Minggu (25/6) pagi, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum meminta momen Idul Fitri untuk dijadikan sebagai momen mempererat tali silaturahmi dengan sesame, baik dengan sanak saudara, tetangga maupun kerabat lainnya.

Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan Idul Fitri seseorang memiliki sikap solidaritas sosial dan akan melahirkan sikap kebersamaan antara sesama manusia. 

Ia katakan umat Islam telah berhasil menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Oleh karena itu, hari ini adalah hari yang paling membahagiakan bagi umat Islam di seluruh dunia.

“Hari ini umat muslim merayakan hari raya Idul Fitri 1438 H. Hari raya Idul Fitri adalah hari kemenangan memerangi hawa nafsu untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” katanya. 

Bupati H. Saiful Ilah juga mengatakan ibadah puasa yang ditutup dengan sholat Idul Fitri adalah bentuk latihan meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Hal tersebut dapat dilalui lewat sikap pengendalian diri, meningkatkan toleransi terhadap sesama dan selalu menjunjung sikap kebersamaan antara sesama manusia.   

Di akhir sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah atas nama pribadi, keluarga serta Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengucapkann selamat hari raya Idul Fitri1438 H. Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim

“Semoga kita nanti dipertemukan kembali di hari raya Idul Fitri 1439 H atau pada tahun 2018 mendatang, aamiin,aamin ya robbal alamin,”doanya.  

Sementara itu, Khotib sholat Idul Fitri  DR. KH. Masykur Hasyim, MBA dalam khutbahnya usai sholat Id mengatakan bulan suci Ramadhan yang baru saja ditinggalkan adalah bulan yang penuh rahmat dan belas kasih Allah SWT kepada hambanya.

Di tengah-tengah Ramadhan, Allah SWT melimpahkan ampunannya. Dan diakhir Ramadhan predikat kembali ke fitrah dan terbebas dari siksa api neraka disematkan kepada hambanya yang beriman dan bertaqwa.

Usai sholat Idul fitri, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah langsung menggelar open house di pendopo Delta Wibawa.  Hal tersebut juga menjadi kebiasaan yang dilakukannya. Tiba di pendopo, sudah banyak orang yang menunggu untuk bermaaf-maafan dengan bupati Sidoarjo.

Sebagian besar mereka adalah para pejabat Sidoarjo. Dengan teratur, satu persatu berjabat tangan dengan berucap Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin. (sigit/kominfo/toeb)