Dua Menteri Tinjau Aktivitas Mudik di Terminal Kampung Rambutan

:


Oleh Baheramsyah, Senin, 26 Juni 2017 | 09:15 WIB - Redaktur: Juli - 547


Jakarta, InfoPublik – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) Basuki Hadimuljono meninjau arus mudik Lebaran di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (25/6).

Dalam peninjauannya ke Terminal Kampung Rambutan, Budi melakukan pengecekan kendaraan bus antarkota dan antarprovinsi sekaligus mengajak awak sopir bus berlebaran bersama.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, hal ini dilakukan sebagai kunjungan untuk mengecek aktivitas para pemudik di hari raya lebaran ini sekaligus bersilaturahmi dengan para sopir bus dan petugas dishub yang bertugas di lapangan yang saat lebaran mereka masih bekerja.

Menurut Budi, silaturahmi ini merupakan suatu bentuk sama rasa terhadap para seluruh awak bus yang terpaksa bekerja di Idul Fitri 1 Syawal 1438 H. "Saya dan Menteri PU, kita juga ingin teman-teman makan enak. Di sini ada nasi kebuli supaya turut merasakan hari Lebaran," kata Budi.

Kunjungan ini tujuannya, untuk menghargai kinerja sopir yang saat ini masih sibuk mengantar para pemudik, melupakan hari Lebaran yang selama ini dinanti setelah berpuasa. Pada kesempatan itu, Budi menyampaikan selamat Lebaran secara pribadi maupun dari Presiden Joko Widodo.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang berkontribusi dalam mewujudkan mudik yang baik. "Salah satu yang mendukung itu ya para sopir ini," kata Budi

Menurut dia para sopir memiliki dedikasi yang sangat luar biasa. Mereka memilih tak berlebaran bersama keluarga demi mengantar para pemudik. "Di saat semua harus liburan, rekan-rekan (sopir bus) harus bekerja. Maka saya dan Pak Menteri PU ingin rekan-rekan juga makan enak," ujarnya.

Menurut dia, dengan makan bersama di Hari Raya, dinilai bisa sedikit meringankan beban para sopir. Meski begitu, ia juga menyampaikan kepada para sopir bus agar mengemudikan bus dengan hati-hati. "Utamakan keselamatan, jangan sampai kalau bus sudah tidak laik tetap berangkat. Diperiksa busnya," tutur dia.

Sementara Kepala Terminal Kampung Rambutan, Emeral August mengatakan, hari ini (25/6) terhitung sejak pukul 00.01 WIB hingga 14.00 WIB tadi, Terminal Kampung Rambutan telah memberangkatkan 2.794 penumpang dengan 106 armada ke beberapa tujuan. Sedangkan untuk kedatangan, tercatat 177 bus yang tiba dan membawa 3.030 penumpang.

Terminal Kampung Rambutan, kata Emeral rutin melakukan pemeriksaan armada yang layak untuk mengangkut pemudik. Hari ini, dilakukan pemeriksaan (ramp check) untuk 10 kendaraan. Hasilnya, enam kendaraan dinyatakan tidak layak dan empat lainnya dinyatakan layak. "Perlengkapan yang diperiksa, apar, p3k dan palu pemecah perlengkapan pendukung," kata Emeral.

Menurut Emeral, jumlah penumpang hari ini mengalami penurunan dengan total keseluruhan pada Sabtu (24/6) kemarin, tercatat 9453 penumpang yang diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan dengan total sebanyak 379 armada. Sedangkan kedatangan, tercatat 4928 penumpang yang memenuhi Terminal Kampung Rambutan yang dibawa oleh 576 armada dari berbagai daerah.

Saat ini, kata dia, destinasi yang ramai diserbu pemudik adalah daerah sekitar Jawa Barat seperti Bogor, Cianjur, Sukabumi, dan Bandung. Sedangkan daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatra sudah cenderung menurun. Menurut Emeral, Terminal Kampung Rambutan melakukan pencatatan jumlah kedatangan dan keberangkatan sebanyak tiga kali dalam sehari.