Cek Layanan untuk Pemudik, Sekjen Kemenhub Sidak ke Pelabuhan Merak

:


Oleh Jhon Rico, Jumat, 23 Juni 2017 | 22:27 WIB - Redaktur: Juli - 580


Jakarta, InfoPublik - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo mengecek kesiapan ASDP dalam menangani penumpang kapal laut di Pelabuhan Merak, Banten.

”Saya bersama pak Tomy untuk memastikan layanan pelabuhan Merak malam ini, karena perkiraan kami memang puncak itu H-3 dan H-2 hari ini,” kata Sugiharjo di Pelabuhan Merak, Jumat (23/6).

Menurut dia, puncak mudik di Pelabuhan Merak terjadi malam tadi. Roda empat sudah sekitar 16 ribu yang menyeberang ke Bakauheni. Sedangkan untuk roda dua sudah 21 ribu. Ditambah dengan yang masih di dermaga yang belum sempat menyeberang.

Dikatakan meski puncak mudik terjadi tadi malam, namun tidak diduga jika hari ini jumlah pemudik di Pelabuhan Merak pun masih tinggi. “Saya sebagai Sekjen, Dirut ASDP dan seluruh jajaran yang hadir di sini untuk bersama-sama memastikan bahwa SOP yang disiapkan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sugihardjo menjelaskan, jalur mudik via laut di Pelabuhan Merak sudah dilaksanakan dengan maksimal. Dengan enam pasang dermaga dilengkapi dengan 36 kapal laut. “Artinya enam pasang per kapal. Ini optimal. Kalau mau ditambah itu bukan tambah baik. Jadi 36 kapal itu sudah maksimal,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan, dari 36 kapal yang tersedia di Pelabuhan Merak ada 24 kapal yang berukuran besar. “Artinya yang besar itu dengan kapasitas angkut per kapal lebih dari 150 kendaraan,” pungkasnya.