Puncak Arus Mudik di Terminal Kampung Rambutan Diperkirakan H-2 Lebaran

:


Oleh Baheramsyah, Jumat, 23 Juni 2017 | 15:37 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta,InfoPublik -  Puncak mudik lebaran di Terminal Kampung Rambutan diperkirakan terjadi hari ini Jumat (23/6) atau H-2 menjelang hari Raya Idul Fitri 1438H.

Koordinator Komandan Regu III Terminal Bus Kampung Rambutan Dedy Afandi mengatakan, peningkatan arus mudik mulai terasa di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Meski demikian, hingga saat ini belum terjadi penumpukan penumpang.

Kepadatan penumpang terjadi di sejumlah loket pembelian tiket bis ke daerah-daerah di Jawa dan Sumatera. Namun tak terlihat antrean yang membludak di lokasi. Para penumpang berlalu lalang menaiki bus-bus yang mulai berbaris dengan tertib.

Menurut Dedy, kemungkinan puncak arus mudik akan terjadi malam nanti. Sebab, kata dia, hari ini telah masuk libur cuti bersama perayaan hari raya Idul Fitri. 

"Mungkin lonjakan hari libur cuti bersama mungkin terakhirnya sampai malam nanti (puncaknya). Prediksi saya hari ini hingga malam nanti puncaknya," ujar Dedy.

Hingga Kamis (22/6) malam kemarin, kenaikan jumlah penumpang mencapai 48 persen. Dengan rincian, penumpang yang berangkat sekitar 48.100 orang dan diangkut dengan 11.500 armada bus. "Lonjakan penumpang paling banyak terjadi ke daerah-daerah di Sumatera dan Jawa Barat," tuturnya.

Dedi melanjutkan, pihaknya siap menghadapi puncak arus mudik malam nanti. Dia juga memastikan jumlah bus masih tersedia untuk semua jurusan.

"Bus semua jurusan masih tersedia. Penumpang diharap hati-hati perlu waspada pasti ada tangan jahil. Kemudian cari kendaraan yang baik dan aman untuk mengurangi risiko kecelakaan," pungkasnya