Pada H-2 Idul Fitri, Harga Bawang Merah di Pasar Induk Kramat Jati Stabil

:


Oleh G. Suranto, Jumat, 23 Juni 2017 | 14:19 WIB - Redaktur: Juli - 2K


Jakarta, InfoPublik – Pada H-2 Menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga bawang merah, bawang putih, dan sayuran di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur relatif stabil, dan tidak mengalami kenaikan.

Seorang pedagang bawang merah Epis Silalahi mengatakan, bawang merah Rp28 ribu per kg, tapi dijualnya per karung. Satu karung rata-rata 60 kg. “Dari kemarin, harga bawang merah stabil, tetap Rp28 ribu per kg, tapi karungan, rata-rata 60 kg per karung,” kata Epis di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (23/6).

Sementara itu, Dina Sitanggang juga seorang pedagang bawang merah, menambahkan, bawang merah kalau dijual sama pedagang biasa (tidak karungan), rata-rata Rp32 ribu per kg, dan dari kemarin juga tidak mengalami kenaikan tetap Rp32 ribu per kg.

“Kalau bawang putih yang belum dikupas Rp28 ribu per kg, sedangkan yang sudah dikupas, harganya Rp42 ribu per kg. Ini juga tidak ada kenaikan, dari kemarin," ujarnya.

Disebutkan harga cabai merah keriting Rp15 ribu per kg, cabai merah besar Rp35 ribu per kg, dan cabai hijau besar Rp15 ribu per kg.

Untuk sayuran lain harganya juga stabil, dari kemarin juga tidak mengalami kenaikan, seperti kobis Rp6.000 per kg. “Harga kobis dari kemarin masih tetap Rp6000, tidak naik,” kata Komarudin di Pasar Induk Kramat Jati.

Kecuali, buncis dan terong ada kenaikan sedikit. “Kemarin, boncis Rp20 ribu per kg, sekarang Rp23 per kg, Terong, kemarin Rp4000 sekarang menjadi Rp5.000 per kg. Tapi kembang kol, justru turun, kemarin Rp7.000 sekarang turun menjadi Rp5000 per kg,” kata Sarman seorang pedagang buncis.

Sementara itu Tomat, sedikit mengalami kenaikan. Tomat besar yang tadinya Rp9.000 per kg, sekarang menjadi Rp10.000, dan tomat sedang, kemarin Rp8000 sekarang menjadi Rp9000,” kata Guntur seorang pedagang tomat.

Harga kentang juga stabil, dari kemarin kentang yang besar Rp16 ribu per kg, tidak ada kenaikan, termasuk juga kentang yang kecil harganya tetap dari kemarin yaitu Rp12 ribu per kg.

“Harga kentang ini dari kemarin tidak mengalami kenaikan, bahkan kemungkinan harganya bisa turun, karena banyaknya kentang  yang masuk ke sini,” kata Ian seorang pedagang kentang di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.