Dishub dan Polres Temanggung Cek Armada Bus Jelang Mudik Lebaran

:


Oleh MC Kab. Temanggung, Kamis, 22 Juni 2017 | 16:58 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Temanggung, InfoPublik – Dinas Perhubungan dan Polres Temanggung, Kamis (22/6), melakukan pengecekan kelayakan bus yang akan digunakan untuk angkutan mudik lebaran 2017. Perusahaan bus yang menjalani pemeriksaan di antaranya adalah PO. Shafari Dharma Raya.

Di garasi bus tersebut, Polres dan Dishub melakukan pemeriksaan kendaraan satu per satu, menyangkut kelayakan hingga surat-surat kendaraan. Semua lampu diperiksa untuk memastikan keamanan kendaraan, demikian halnya rem dan ban kendaraan dieperiksa  kelayakannya.

Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Dinas Perhubungan Kabupaten Temanggung Khamami menjelaskan, pengecekan ini bertujuan agar pemudik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman, tidak hanya pada saat lebaran saja tapi juga untuk seterusnya.

Sementara itu Kabag Operasional perusahaan angkutan Shafari Dharma Raya Bambang Dwi mengatakan ada 87 bus yang akan dioperasikan untuk angkutan mudik lebaran.

Di antaranya  20 unit dipersiapkan di Jakarta, 6 unit di Surabaya, 4 unit di Mataram, 12 unit di Denpasar.  Sementara terdapat  4 unit cadangan, dengan rincian di Denpasar 1 unit, Temanggung 2 unit, dan Jakarta 1 unit.

Dari hasil pengecekan, dinyatakan semua kendaraan layak untuk beroperasi, hanya beberapa kendaraan yang memerlukan sedikit perbaikan pada bagian wiper kendaraan.

“Semua kendaraan sudah kami lakukan pengecekan dan layak untuk beroperasi, semoga pemudik mendapatkan kenyamanan dan keselamatan dalam melakukan perjalanan mudik dan arus balik nanti,” ujar Khamami.

Mulai hari ini diprediksikan arus mudik akan dimulai, sampai puncak pada hari Sabtu tanggal 24 Juni 2017. (MC TMG/Aji/Agung/Ekape/toeb)