Puskesmas Sapala HSU Calon Lokasi Program Nusantara Sehat

:


Oleh Dinas Kominfo Kab Hulu Sungai Utara, Selasa, 20 Juni 2017 | 08:58 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 736


Hulu Sungai Utara - Puskesmas Sapala Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menjadi salah satu calon lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat besutan Kementerian Kesehatan RI.   

Kepastian ini diperoleh setelah tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya dan Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI diwakili Primasari Syam, SKM dan Zaini Muharram, S.Gz mengunjungi HSU tanggal 12-15 Juni 2017 untuk menilai langsung kesiapan lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat.

Di HSU, tim bertemu dan wawancara langsung dengan Plt. Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Agus Fidliansyah, Kepala  Bidang Pelayanan dan SDK dr. Ivan Hariyadi dan Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Hj. Karmila Sari, S.Kep.

Selanjutnya, tim bertolak dan menginap di Puskesmas Sapala selama 2 hari bersama pendamping kabupaten, H.Nor Efendi, S.Kep,Ns, M.Epid untuk melakukan pengumpulan data dan verifikasi kelayakan dan kesiapan sebagai calon lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat.

Program Nusantara Sehat adalah program penempatan tenaga kesehatan berbasis tim yang terdiri atas 5 sampai 9 profesi yang berbeda seperti dokter umum, perawat, bidan, sarjana kesehatan masyarakat, analis laboratorium, sanitarian, dokter gigi, ahli gizi, dan lain-lain yang dikontrak selama dua tahun untuk ditugaskan di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan di berbagai wilayah Indonesia.  

Kehadiran mereka diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI periode 2015 – 2019 adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer.  Prioritas ini didasari permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup yang sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Penguatan yankes primer mencakup fisik (pembenahan infrastruktur), sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Program Nusantara Sehat merupakan salah satu upaya mewujudkan fokus kebijakan tersebut, dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan.

Berdasarkan hasil verifikasi lapangan, Puskesmas Sapala layak sebagai calon lokasi penempatan Tim Nusantara Sehat.   Hasil verifikasi selanjutnya akan dibahas di tingkat pusat untuk dipilih bersama daerah lain dari seluruh Indonesia (DinkesHSU/Fendy/Yuli/Eyv).