KIMDHA Dharmasraya Laksanakan Serangkaian Kegiatan Bhakti Sosial

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Senin, 19 Juni 2017 | 13:52 WIB - Redaktur: Kusnadi - 716


Dharmasraya, InfoPublik -  Komunitas Intelektual Muda Dharmasraya (KIMDHA) telah melaksanakan serangkaian kegiatan  bhakti sosial selama tiga bulan, dari April sampai Juni 2017, dalam kerangka mewujudkan kepedulian sosialnya kepada masyarakat berekonomi lemah dan kaum dhuafa di Kabupaten Dharmasraya.

Kegiatan KIMDHA diawali dengan pelaksanaan bhakti sosial di Siluluak dan Sungai Lansek Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, pada Rabu (12/4). Kegiatan yang dilaksanakan di Komplek Candi Padang Roco, Siluluak itu, meliputi beberapa jenis, antara lain pemeriksaan kesehatan, pengobatan gratis, dan sosialisasi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap puluhan ibu rumah tangga se-kenagarian Siguntur Kecamatan Sitiung, dengan pemateri utama adalah Dewan Penasehat KIMDHA, Sriwijiastuti, SH, MKn.

Masih dalam rangkaian bhakti sosial di Siluluak, anggota KIMDHA juga melakukan penanaman bunga di sekitar candi Padang Roco, pada Rabu (12/4) sore.  Candi Padang Roco merupakan satu-satunya kawasan wisata sejarah di Dharmasraya, yang telah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata Propinsi Sumatera Barat sejak 2009.

Kegiatan bhakti sosial KIMDHA yang kedua adalah sunatan massal bagi 40 orang anak yatim di Madratsah Aliyah Negeri (MAN) Koto Baru pada 24 Mei 2017. Kegiatan sunatan yang langsung dipimpin oleh dr. Sujito merupakan hasil kerjasama dengan Gugus Depan 04.053.04.054 MAN Koto Baru.

Selanjutnya, organisasi yang baru berdiri Maret 2017 itu, berpartisipasi dalam seminar dan penyuluhan bahaya narkoba dan kenakalan remaja yang diselenggarakan oleh Pemerintahan nagari Tabek Kecamatan Timpeh pada 14 sampai 15 Juni 2017.

Selain berkontribusi sebagai narasumber, penggiat KIMDHA juga melaksanakan konseling remaja dan ajang lomba kreafititas anak muda berupa pembuatan slogan anti narkoba.

Kegiatan sosialnya terus berlanjut dengan penyerahan paket Sembako Ramadhan bagi 50 orang keluarga miskin dan kaum dhuafa di Sungai Dareh Kecamatan Pulau Punjung pada Sabtu (16/6). Setiap paket berisi beberapa kebutuhan pokok, antara lain beras, gula, minyak goreng, tepung dan megazine.

Ketua KIMDHA, dr. Sujito yang didampingi Sekretarisnya, Endaryanto, Spt, menjelaskan bahwa semua aktifitas dan bantuan yang diberikan berasal dari sumbangan sukarela anggota KIMDHA. Selain itu, ada beberapa sumbangan dari donatur, antara lain, H.Amrizal Dt.Rajo Medan, S.Sos, H. Ir. Adi Gunawan, MM, Palawasita,SE dan Apotek Dens Pulau Punjung.

Sujito menuturkan, semua aksi sosial ini murni  sebagai wujud bhakti dharma kami terhadap masyarakat Dharmasraya, tanpa ada tendensi politik di dalamnya.

“Kita sudah dibesarkan di kampus, dengan tri dharma perguruan tinggi, antara lain pengabdian pada masyarakat. Sekarang,  kami ingin melanjutkan tradisi itu”, ungkapnya. (Mc Kab. Dhamasraya/Kus)