Banjar Gelar Festival Bedug

:


Oleh MC Banjar, Senin, 19 Juni 2017 | 11:23 WIB - Redaktur: Kusnadi - 979


Martapura, InfoPublik – Kemeriahan tampak di halaman kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Kamis (15/6) pekan lalu. Riuh gema takbir disertai tabuhan beduk terdengar membahana di sana.

Ya, kemeriahan tersebut bukan dalam suasana lebaran setelah sebulan berpuasa, melainkan karena kanor dinas tersebut tengah menggelar Festival Bedug, yang memang telah menjadi agenda tahunan daerah yang terkenal sebagai Serambi Mekkah ini.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Aidy Hikmatullah, festival bedug tahun ini diikuti oleh 39 grup yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Bannjar.

“Festival bedug tersebut digelar selama dua hari untuk menjaring sejak kemarin dan hari ini, mereka yang dianggap terbaik akan kembali tampil pada acara final yang akan digelar pada malam lebaran,” jelasnya.

Pada hari Kamis lalu, tampil sebanyak 19 grup, sedangkan pada sehari sebelumnya sudah tampil sebanyak 20 peserta. Para peserta yang mengenakan berbagai kostum warna-warni,memainkan berbagai irama pukulan bedug, sehingga terdengar sangat harmonis antara satu dengan lainnya.

Aksi yang ditampilkan oleh para peserta festival bedug ini tak ayal membuat para penonton  kagum, dan tampak enggan untuk berajak dari tempatnya.

Festival bedug, selain untuk melestarikan budaya yang bernuansa Islami tersenut, juga  diharapkan menjadi daya tarik tamu dari daerah lain untuk berkunjung ke Kabupaten Banjar, khususnya Kota Martapura. (MC-Kab.Banjar/bpghani/dani/Kus)