Menkes Imbau Pemudik Jaga Kesehatan

:


Oleh Putri, Minggu, 18 Juni 2017 | 22:10 WIB - Redaktur: Gusti Andry - 348


Jakarta, InfoPublik - Pelayanan kesehatan baik rumah sakit, puskesmas, dan pos kesehatan di jalur perlintasan mudik sudah siap, meski demikian, pemudik tetap diimbau untuk tetap menjaga kesehatan mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Jika lelah istirahat, dan jangan meminum obat yang bikin mengantuk, juga jangan meminum minuman beralkohol," kata Menteri Kesehatan Nila Moeloek di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Minggu (18/6).

Selain itu Menteri Nila juga menekankan beberapa hal yakni agar istirahat setiap empat jam sekali, di setiap pos kesehatan harus ada ambulans roda empat dan roda dua, 119 pun penting sekali untuk berkoordinasi dengan rumah sakit terdekat bilamana ada yang sakit darurat, serta Dinkes harus menyediakan pemeriksaan darah.

Menteri Nila juga melakukan peninjauan pos kesehatan di tol fungsional Brebes-Gringsing wilayah Batang. Ia juga meminta setiap pos kesehatan agar memperhatikan kebersihan dan kenyamanan pasien dan harus memperhatikan tempat istirahat bagi tenaga kesehatan yang tengah bertugas.

Sementara untuk warung atau toko makanan agar tidak menjual minuman beralkohol dan memeriksa makanan Kedaluwarsa. "Walaupun ada bir 0 persen untuk saya tarik saja. Bukannya apa-apa tapi untuk keselamatan," kata Menkes.